Iklan
Iklan
Iklan
Derap Nusantara

Pemkab Kepulauan Seribu Mulai Manfaatkan Lahan untuk Tanaman Pangan

×

Pemkab Kepulauan Seribu Mulai Manfaatkan Lahan untuk Tanaman Pangan

Sebarkan artikel ini
: Karyawan dari perusahaan dok (galangan kapal) di Kelurahan Pulau Kelapa Kecamatan Kepulauan Seribu Utara tengah memanen cabai yang ditanam di area seluas 30 meter persegi pada Jumat (10/5/2024). (Antara/Humas Pemkab Kepulauan Seribu)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memulai memanfaatkan lahan yang ada di wilayahnya untuk tanaman pangan dengan melibatkan masyarakat sekitar.

“Masyarakat saat ini banyak yang sudah memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan asupan gizi untuk memenuhi hidup sehari-hari,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Ia mengatakan salah satu yang sudah dilakukan Sudin KPKP Kepulauan Seribu adalah menjalin kerja sama dengan pengelola galangan kapal (dok) di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara untuk budi daya tanaman pangan.

Ia mengatakan sebagai tahap awal hari ini panen perdana cabai rawit di lahan seluas 30 meter persegi sebanyak lima kilogram, serta masih akan dilanjutkan untuk lahan pertanian lainnya.

“Kegiatan panen ini juga melibatkan petugas pengelola dok. Hasilnya bagus dan berkualitas,” ucap dia.

Ia mengatakan sementara hasil dari panen ini dimanfaatkan petugas dan juga warga sekitar.

“Alhamdulillah mereka senang karena saat ini harga cabai sedang naik,” katanya,

Rita mengatakan area dok di Kelurahan Pulau Kelapa Kecamatan Kepulauan Seribu utara ini selain ditanami cabai, juga ditanami sayur-mayur lainnya seperti terung, bayam, kangkung dan kemangi.

“Kami mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan mereka untuk ditanam tanaman yang dapat dikonsumsi sendiri untuk memenuhi kebutuhan pangan,” kata dia

Sementara itu Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengatakan keberhasilan petugas dok dalam membudidayakan tanaman cabai sehingga hasilnya dapat dipanen merupakan hasil kerja sama yang solid dan pembinaan dari Sudin KPKP Pulau Seribu

“Kami juga mengharapkan dukungan dari Sudin KPKP untuk terus mengedukasi warga, sehingga mereka bisa bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tersedia, minimal memanfaatkan lahan pekarangan,” kata dia.

Baca Juga:  KTT ke-42 ASEAN di Labun Bajo Miliki Delapan Agenda Pertemuan

Sebelumnya, Provinsi DKI Jakarta akan mengembangkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan untuk ketahanan pangan bagi Provinsi DKI Jakarta pada 2025.

“Kita melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Antara/Tim Kalimantanpost.com)

Iklan
Iklan