Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Sekda Nuryakin Daftarke Gerindra dan Nasdem sebagai Calon Gubernur Kalteng di Pilkada 2024

×

Sekda Nuryakin Daftarke Gerindra dan Nasdem sebagai Calon Gubernur Kalteng di Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Sekda Provinsi Kalteng H Nuryakin secara resmi mendaftarkan diri ke DPD Partai Gerindra sebagai calon Gubernur Kalteng di Pilkada 2024. (Kalimantanpost.com/drt)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Sejumlah pigur muncul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) pada November 2024 mendatang.

Sejumlah nama yang beredar cukup dikenal masyarakat diantara Abdul Razak, H Agustiar Sabran, H. Edy Pratowo, H. Abdul Razak, H. Nadalsyah (Koyem), Rahmat Nasution Hamka. Teranyar Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin yang masih aktif sebagai pegawai Negeri Sipil.

Padahal Nuryakin selama ini belum secara resmi menyatakan kesiapannya turut bertarung dalam Pilkada Gubernur Kalteng, maupun dalam Pilkada Kabupaten Murung Raya, Jumat (3/5/2024).

Tiba-tiba saja Sekda Provinsi Kalteng ini secara resmi mendaftarkan diri ke DPD Partai Gerindra dan DPW Partai Nasdem sebagai Bakal Calon Gubernur Kalteng.

Setibanya di kantor DPD Partai Gerindra Provinsi Kalteng diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Gerindra H. Iwan Kurniawan.

Begitupun halnya setibanya di Kantor DPW Partai Nasdem Provinsi Kalteng. Kedatangan ASN/PNS aktif dengan golongan top itu tersebut, diterima langsung oleh Ketua Dewan Pengarah Penjaringan Pilkada H Ujang Iskandar dan Sekretaris DPW Nasdem Hj. Mukaramah.

Pasca mendaftar, Nuryakin mengungkapkan keinginannya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Kalteng, didorong oleh spirit sebagai warga negara untuk turut serta membangun daerah dalam melanjutkan dan memantapkan cita-cita besar para pendahulu pendiri dan pemimpin Kalteng.hingga saat ini.

“Yang mendasar nawaitu saya ingin turut dalam kontestasi Pilkada, selain ingin berkontribusi maksimal dalam membangun daerah yang dicintai bersama. Jika Allah SWT memberikan jalan dan Amanah ini, saya wakafkan dan dedikasikan hidup dan pengabdian saya untuk Kalteng,” terang tokoh Bakumpai ini.

Karier sebagai abdi negara selaku PNS sudah dicapai dengan mencapai puncak karier pejabat eselon satu.

“Saatnya lah pengalaman itu saya dedikasikan untuk membangun Kalteng,” ucapnya.

Baca Juga:  Kejaksaan Tinggi Kalteng Gelar Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Secara Virtual

Untuk kontestasi politik Pilkada Murung Raya, secara diplomatis Nuryakin menjawab kemungkinan tersebut bisa saja terjadi, mengingat ia merupakan putra daerah Kalteng yang berasal dari Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

Bahkan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Murung Raya mendampingi Willy M. Yoseph periode 2008-2013.

Diakuinya, dirinya masih mencermati perkembangannya dulu. Pasalnya, setiap orang akan bercita-cita yang lebih besar dan luas, sehingga apa yang dilakukan pun akan berdampak lebih bermanfaat secara luas.

“Segala sesuatu bisa saja berubah sesuai kondisi yang berkembang. Sebagai manusia, kita hanyalah merencanakan, Tuhan jualah sebagai penentu segalanya” ucapnya.

Nuryakin menambahkan, dirinya telah mempersiapkan visi dan misi untuk maju sebagai bakal calon gubernur Kalteng dengan baik Visi yang akan diusung yaitu Kalteng Baimbai.

Untuk mewujudkan visi tersebut, akan diimpelentasikan melalui tiga Misi.

“Kalteng BAIMBAI akronim dari Terwujudnya Kalimantan Tengah yang Bermartabat, Inovatif, Maju dan Berkeadilan,” ucapnya.

Laluz misi antara lain, ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) memajukan dan akselerasi akses dan sistem pendidikan, kesehatan, kebudayaan, perekonomian, sosial, hukum, serta pemerintahan yang ber-impact factor, bersih dan modern.

“Tidak kalah pentingnya adalah mewujudkan pemerataan pembangunan wilayah yang berkeadilan” pungkasnya.

H. Nuryakin merupakan putra asli Bakumpai DAS Barito, kelahiran Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya , 58 tahun silam. Nuryakin merupaka putra dari pasangan Intan Kuet dan Hj. Sabariyah.

Tercatat karier Nuryakin dimulai sebagai PNS sejak tahun 1991 di Kabupaten Barito Utara hingga dirinya dipercaya sebagai Wakil Bupati Murung Raya periode 2008-2013, yang selanjutnya kembali aktif menjadi PNS di Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Diketahui karier PNS nya setelah hijrah ke provinsi makin mentereng. Pernah menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset, Nuryakin didapuk menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kallteng hingga saat ini.

Baca Juga:  Inspektur Kalteng Ikuti Rakor dan Asistensi Penyusunan LKPD TA 2023

Kedudukan tersebut sebuah karier tertinggi selaku PNS di provinsi, yang merupakan satu-satunya pejabat eselon I, dengan pangkat / golongan Pembina IV/e. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan