Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMIKALTENGPalangka Raya

Setiap Hari Panen 300 kg Budidaya Cabai Digital Farming di Sampit

×

Setiap Hari Panen 300 kg Budidaya Cabai Digital Farming di Sampit

Sebarkan artikel ini
Panen perdana cabai sistem digital farming di Kotim. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

SAMPIT, Kalimantanpost.com – Setiap hari sekitar 300 kg cabai segar di panen di areal lahan seluas 2 ha milik Kelompok Tani Margo Mulyo, Jalan Jendral Sudirman Km.12, Kecamatan Mentawa Baru Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mewakili Sekretaris Daerah Kalteng bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Taufik Saleh, panen perdana digital farming komoditas cabai, Jumat (17/5/2024).

Panen perdana tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga Ketahanan Pangan dan Stabilisasi Harga Pangan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalteng bersama Pemerintah Provinsi Kalteng.

Sekda Kalteng melalui Staf Ahli Gubernur Yuas Elko mengatakan, dalam kondisi iklim yang ekstrim saat ini, menimbulkan gejolak pada hasil produksi sehingga berpengaruh pada kondisi ketahanan pangan di Indonesia.

Hal ini berpengaruh terhadap luasan panen serta produktivitas pertanian khususnya di Kotawaringin Timur, dimana luasan panen pada tahun 2023 mengalami penurunan dari 22.704 ha menjadi 12.777 ha serta penurunan produktivitas yang sangat signifikan dari 81.507 ton menjadi 45.717 ton berdasarkan data dari BPS, tahun 2024.

Yuas Elko berharap dengan adanya kegiatan Digital Farming Komoditas Cabai ini, Pemerintah Kalteng berharap kedepan agar ada akselerasi perkembangan pertanian yang lebih maju, dan unggul khususnya untuk komoditas cabai.

Dengan harapan nantinya daerah mampu menekan laju inflasi di Kotawaringin Timur serta Kabupaten lainya di Kalteng secara luas.

“Saya meminta kepada seluruh stakeholders, agar senantiasa memberikan atau melakukan inovasi di bidang pertanian sebagai solusi baru dalam menjaga ketahanan pangan di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Panen cabe tersebut dihadiri Wakil Bupati Kotim Irawati, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Taufik Saleh, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Aster Bonawaty, Kepala Dinas TPHP Kalteng Sunarti, serta Kepala Perangkat Daerah Kalteng terkait, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.(drt/KPO-3)

Baca Juga:  Harga 'Simerah dan Siputih' Kembali ‘Mengeliat’

Iklan
Iklan