Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Bantai Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024

×

Bantai Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain Indonesia merayakan kemenangan usai mengalahkan Laos 6-1 dalam pertandingan terakhir Grup A ASEAN U-16 Boys Championship 2024 di Stadion Manaha Solo pada Kamis (27/6/2024) malam. (Kalimantanpost.com/tangkapan layar Indosiar)

SOLO, Kalimantanpost.com – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil lolos ke semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024 usai membantai Laos 6-1 dalam pertandingan terakhir Grup A
di Stadion Manaha Solo pada Kamis (27/6/2024) malam.

Kemenangan tersebut, Garuda Muda menjadi juara Grup A dengan poin sempurna 9 dari tiga kemenangan.

Sebaliknya bagi Laos dengan kekalahan itu menjadi runner up Grup A dengan poin 6 dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Namun, untuk bisa lolos keempat besar atau satu tiket runner up terbaik, Laos masih menunggu hasil dua Grup B dan C.

Di pertandingan melawan Laos, pelatih Nova Arianto kembali melakukan perombakan komposisi pemain dengan menurunkan Nur Ichsan (kiper), Panji Apriawan, Mathew Baker, Raihan Apriansyah, Dafa Zaidan, Fabia Azka, Tristan Raisa, Nazriel Alfaro, Zahaby Gholy, Daniel dan Josh Holong.

Indonesia berinisiatif melakukan serangan melalui striker Josh Holong dibantu Tristan Raisa, Nazriel Alfaro, Zahaby Gholy, sayang kurang begitu tenang hingga sering kehilangan bola.

Di menit 6, kapten Laos, Sayyavath Vansavath melakukan terobosan dari rusuk pertahanan Indonesia dan berhasil melewati dua pemain belakang Indonesia. Center bacak Indonesia, Mathew Baker berusaha memotong bola, malah dianggap wasit Poon Chun Kit melakukan pelanggaran.

Wasit pun menunjuk titik putih. Pemain Laos, Phayak Siphanom yang bertindak sebagai algojo mampu mengecoh kiper Indonesia, Nur Ichsan.

Ketinggalan 0-1, Indonesia berusaha membalas, cuma kurang tenangnya hingga dengan mudah dipatahkan lini belakang Laos di kawal Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Sikanda Xaisongkham dan Daophaha Kamkasomphou.

Malah sebuah serangan dilakukan Laos, Daophaha Kamkasomphou yang tak terkawal melakukan sepakannya untungnya melambung di menit 17.

Indonesia terus menekan hingga mendapat peluang di menit 19 tapi tendangan Nazriel melambung.

Baca Juga:  BAPOPSI Kalsel gelar Pelatihan pelatih futsal, Dan Pertandingan 3 cabor

Empat menit kemudian Zahaby Gholy melakukan skill individu menusuk ke jantung pertahanan Laos. Pemain lawan, Ki Mounkanyam mengganjal Zahaby di kotak penalti sehingga wasit menunjuk titik putih. Zahaby yang melakukan eksekusi mampu menaklukkan kiper Laos, Thitsakhone Sumlivongvath.

Kedudukan 1-1 membuat kepercayaan pemain Indonesia semakin meningkat.

Di menit 29, Fabia Azka melakukan sepakpojok ke mulut gawang. Bola berusaha dibuang Sayyavath melalui sundulan kepalanya, tapi malah masuk ke gawang sendiri.

Unggul 2-1 membuat kepercayaan pemain muda Indonesia meningkat dan tak menurunkan tempo permainan.

Indonesia memperbesar kemenangan melalui sundulan kepala Josh memanfaatkan lemparan ke dalam Fabia di menit 37 hingga kedudukan menjadi 3-1.

Fabio kembali mengirim assist pada masa injury time. Tendangan bebasnya pada menit ketiga injury time membuat bola mengarah ke Putu Panji dan gol hadir dari sundulan sang kapten.

Kedudukan 4-1 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia memasukkan steriker Alberto Hengga mengganti gelandang, Dafa Zaidan.

Center back Indonesia, Mathew Baker ikut maju ke depan dan melewati dua pemain Laos, tapi sepakannya masih lemah dan tepat di pelukan kiper.

Indonesia menambah gol di menit 51 melalui tendangan bebas Nazriel, tapi dianulir wasit karena ada pemain Garuda Muda terlebih dahulu berdiri offside.

Indonesia akhirnya menambah gol melalui Josh memanfaatkan umpan Daniel di menit 60 hingga menjadi 5-1.

Indonesia melengkapi kemenangan menjadi 6-1 melalui pemain pengganti Mierza Firjatullah di menit 79.

Hasil pertandingan lainnya Grup A, Singapura menumbangkan Filipina 4-0. (ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup A
Jumat (21/6/2024)

  • Laos vs Filipina 3-0
  • Indonesia vs Singapura 3-0

Senin (24/6)

  • Singapura vs Laos 1-2
  • Indonesia vs Filipina 3-0
Baca Juga:  Modal Manchester City ke Final Liga Champions Usai Juarai Piala FA, Taklukkan MU 2-1

Kamis (27/6)

  • Indonesia vs Laos 6-1
  • Filipina vs Singapura 0-4

Klasemen Akhir

  1. Indonesia 3 3 0 0 12-1 9
  2. Laos 3 2 0 1 5-7 6
  3. Singapura 3 1 0 2 5-5 3
  4. Filipina 3 0 0 3 0-10 0

Iklan
Iklan