Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Dispora gelar Pelatihan Dan Pengembangan Cabor Akurasi, Beladiri dan Terukur untuk ke PON.

×

Dispora gelar Pelatihan Dan Pengembangan Cabor Akurasi, Beladiri dan Terukur untuk ke PON.

Sebarkan artikel ini
PEMBUKAAN : Pelatihan dan Pengembangan Cabor Akurasi, Beladiri dan Terukur, yang dibuka Sekdispora Fathul Bari dan Heru Susmianto. (Kp/nafarin fauzy)

Dispora Kalsel menggelar Pelatihan dan Pengembangan Cabor Akurasi, Beladiri dan Terukur, di Hotel Harper pada tanggal 24-26 Juni 2024.

BANJARMASIN, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Cabang Olahraga Akurasi, Beladiri dan Terukur di Kuin Ballroom, Hotel Harper Jl S Parman Banjarmasin, Senin (24/6) siang.

Kegiatan dibuka Kadispora Kalsel, H Hermansyah diwakili Sekretaris, Fathul Bari mengatakan, peningkatan prestasi dalam dunia olahraga tidak hanya terbatas pada kemampuan pelatih yang dulunya atlet saja.

“Sekarang, seorang pelatih juga harus mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas kemampuannya, salah satunya dengan mengikuti kegiatan ini,” ucapnya.

“Ilmu pengetahuan baru harus terus di perbarui sehingga bisa meningkatkan kualitas atlet dan prestasinya, ilmu yang dimaksud tak lain adalah sport science,” tambahnya.

Dalam kegiatan beberapa materi yang akan disampaikan salah satunya adalah manajemen asupan gizi pada atlet yang akan bertanding dan pasca cedera.

Hal ini juga dinilai penting untuk menjaga performa atlet agar bisa tampil maksimal di setiap pertandingan yang dimainkan.

Kabid Pengembangan Dispora Kalsel, Heru Susmianto mengatakan dengan adanya 43 cabor yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut, maka perlu diberi bekal sebaik mungkin sebelum terjun di ajang sesungguhnya.

“Diharapkan ini bisa menjadi semangat yang bisa disampaikan pelatih kepada para atlet agar nantinya bisa maksimal,” harapnya.

Untuk pelatihan sendiri nanti akan dibagi dengan ruasan khusus per jenis cabornya yang terdiri dari cabur akurasi, beladiri dan terukur.

Penyampaian Materi hari peertama, Senin (24/6/2024) ManajemenAsupan Gizi pada atlet yang mau bertanding dan pasca cedera, disampaikan Sri Wahyuni N Labuka,SSi, M.Kes.

Materi Coping, Cidera olahraga Maskolusletal (Otot dan tulang), Spine Injury (cedera pada system saraf pusat), Penanganan awal pada cedera olahraga Cehydiation /heart liner. Disampaikan dr M Arif Zainuddin Noor AIFO-K, Andi akbar Al Mukarram,S.Kep, Ners dan Riadi Fahlevi,S.Kep.

Baca Juga:  Arab Saudi Raih Tiket 16 Besar, Thailand Hampir Dipastikan Lolos Usai Imbangi Oman di Piala Asia

Strategi Pemulihan oleh Chairul Umam, Optimalisasi Performa oleh Reza Laksmana dan Fungsional Training oleh Zamrony Zamir.

Materi hari kedua Selasa (25/6/2024), disampaikan Conselor Psikologi, Opening dan Ice Breaking, Psikotest, Training sesi 1 : Limiting Belief. Training sesi 2 : Hypno sport. Training sesi 3 :Mental Imagery, Training sesi 4 : Improvement. Training sesi 5 : Commitmen dan Allout, Psikology Counseling.

Tapering disampaikan Kelana Sukma AJ. (nfr/k-9)

Iklan
Iklan