Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Martapura

Distan Edukasi Petani Penerapan Pupuk Hayati

×

Distan Edukasi Petani Penerapan Pupuk Hayati

Sebarkan artikel ini
PUPUK HAYATI - Distan edukasi petani penerapan pupuk hayati di Mangkauk Pengaron. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Guna memberikan informasi terkait pemakaian pupuk hayati untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kesuburan tanah, Pemkab Banjar melalui Dinas Pertanian setempat Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian menggelar Sosialisasi Penerapan Pupuk Hayati, di Desa Mengkaok, Kecamatan Pengaron, Jumat (21/06/2024).

Kadis Pertanian Warsita mengatakan, sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani memanfaatkan pupuk hayati guna meningkatkan kesuburan tanah dan hasil panen.

“Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari petani, mereka antusias berpartisipasi dalam upaya bersama tersebut,” ujar Warsita.

Menurutnya, pupuk hayati merupakan solusi alternatif guna mengatasi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty menambahkan, petani harus memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar mereka untuk membuat pupuk hayati.

“Sosialisasi diharap membantu petani di Kecamatan Pengaron untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka,” harapnya.

Dalam sosialisasi ini, petani diajarkan cara membuat dan menggunakan pupuk hayati dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar mereka.

Pada kesempatan sama, juga dilaksanakan gerakan pengendalian hama tikus. Hadir Kepala BPTPH Kalsel Lestari Fatria Wahyuni, Koordinator Balai beserta penyuluh Kecamatan Pengaron, Mantri Tani, Kelompok Tani Pancahan dan Bina Bersama. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  40 Ribuan Rumah di Kalsel Tidak Layak Huni
Iklan