Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

FC Emmen, Klub Liga Belanda yang Kepincut Nathan Tjoe-A-On

×

FC Emmen, Klub Liga Belanda yang Kepincut Nathan Tjoe-A-On

Sebarkan artikel ini
- Nathan Tjoe A-On (merah) saat membela Timnas Indonesia. (Kalimantanpost.com/Instagram nathantjoeaon)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Penampilan Nathan Tjoe-A-On baik di Tim nasional (Timnas) Indonesia di Piala Asia U-23 maupun tim senior diputaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona cukup apik hingga mendapat kepercayaan menjadi starter.

Kepercayaan yang diberikan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong baik sebagai gelandang maupun center back dibayarnya dengan membuat assist hingga Indonesia menang 2-0 atas Filipina dipertandingan terakhir beberapa waktu lalu.

Padahal sewaktu membela klub Heerenveen di Liga Belanda, Nathan sangat jarang dipercaya turun di lapangan, kalau pun main hanya sebagai pemain pengganti.

Masa peminjamannya di Heerenveen pun tak diperpanjang dan dikembalikan ke klubnya, Swansea City ya g berkiprah di Liga 2 Inggris.

Ternyata kembali ke Inggris hanya sebentar, Nathan pun kembali dilirik klub Liga Belanda yakni FC Emmen.

Rumor pemain berusia 22 tahu. menuju Emmen dikabarkan akan segera terealisasi. Pasalnya Media asal Belanda, Transferwatch.nl, mengabarkan perpindahan ini tinggal selangkah lagi.

Nah, tak salahnya mengenal klub yang akan menampung pemain Timnas Indonesia ini.

FC Emmen adalah klub sepak bola profesional Belanda yang berbasis di Emmen , Drenthe . Mereka saat ini bermain di Eerste Divisie atau divisi kedua sepak bola Belanda , setelah terdegradasi dari Eredivisie pada musim 2022-2023.

Klub amatir Emmen dibentuk pada 21 Agustus 1925. Ketika liga profesional Belanda dibentuk pada tahun 1954, Emmen memilih untuk mempertahankan status klub amatirnya.

Pada tahun 1985, Emmen akhirnya bergabung dengan jajaran profesional. Pada tahun 1988 klub ini dipecah menjadi bagian amatir dan profesional. Yang terakhir ini kebanyakan disebut BVO Emmen ( B etaald V oetbal O rganisatie , organisasi sepak bola profesional). Pada tahun 2005, klub profesional Emmen berganti nama menjadi FC Emmen, karena dua alasan. Pertama, nama baru tersebut diharapkan lebih mencerminkan sejarah klub, dan kedua karena banyak kesalahpahaman yang muncul, di antara masyarakat yang semakin percaya BVO adalah singkatan yang mirip dengan PSV , RBC , atau ADO .

Baca Juga:  DPRD Kalsel Raih Juara Kedua Kejuaraan Bulutangkis Antar Desk

FC Emmen telah mencapai babak play-off Eerste Divisie sebanyak sebelas kali dan pada 20 Mei 2018, mereka berhasil meraih promosi ke Eredivisie Belanda untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka setelah mengalahkan Sparta Rotterdam 3-1 di final play-off promosi/degradasi.

Mereka memainkan pertandingan Eredivisie pertama mereka pada 12 Agustus 2018 di ADO Den Haag , dan menang 2–1. Glenn Bijl mencetak gol pertama untuk Emmen di liga utama. Emmen finis di urutan ke-14 pada musim Eredivisie pertama mereka dan mengamankan tempat mereka di Eredivisie untuk musim 2019-2020.

Meskipun awal musim 2020-21 sangat buruk dan hanya enam poin dalam 22 pertandingan pertama. Emmen bangkit kembali dengan 8 pertandingan tak terkalahkan, lima kemenangan, tiga kali seri dari Februari hingga April, dan mengakhiri musim dengan dua pertandingan menang untuk menyelesaikan dengan 30 poin.

Namun, mereka tidak dapat mencapai keselamatan otomatis, karena mereka memiliki selisih gol yang lebih buruk daripada RKC Waalwijk yang berada di posisi ke-15 . Ini berarti Emmen harus memenangkan babak playoff untuk menghindari degradasi, tetapi mereka kalah melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 vs. NAC Breda .

Akibat kekalahan ini, FC Emmen terdegradasi ke Eerste Divisie setelah tiga musim di divisi teratas. Namun, mereka dipromosikan pada upaya pertama pada tahun berikutnya.

Pada musim 2022-2023 , mereka finis di urutan ke-16, harus memenangkan babak playoff untuk menghindari degradasi lagi. Kali ini, mereka menjadi tim peringkat 16 pertama yang mencapai final dengan format baru, namun mereka kembali terdegradasi setelah kalah dari Almere City di final playoff. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan