Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Georgia Ukir Sejarah ke-16 Besar Usai Kalahkan Portugal 2-0, Turki Taklukkan Serbia 2-1 di Piala Eropa 2024

×

Georgia Ukir Sejarah ke-16 Besar Usai Kalahkan Portugal 2-0, Turki Taklukkan Serbia 2-1 di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
- Para pemain Georgia merayakan keberhasilan mereka lolos ke fase gugur Euro 2024 setelah menumbangkan Portugal 2-0 dalam pertandingan Grup F di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 26 Juni 2024. (Kalimantanpost.com/AntaraAFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com- Timnas Georgia mengukir sejarah kali pertama menjadi debutan yang lolos ke fase gugur usai menumbangkan juara Piala Eropa 2016, Portugal 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup F di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze yang membuat gol pada masing-masing babak menjadi pahlawan kemenangan fenomenal Georgia.

Kemenangan ini membuat Georgia finis urutan ketiga klasemen dengan empat poin dari tiga pertandingan di bawah Portugal yang memuncaki grup dengan enam poin dan Turki juga enam poin sebagai runner up.

Georgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menjadi salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik, sedangkan Portugal berstatus juara Grup F.

Georgia akan berjumpa Spanyol pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Senin pekan depan pukul 02.00 WIB, sedangkan Portugal berhadapan dengan Slovenia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, sehari kemudian.

Dipertandingan lainnya Grup F, Turki juga melaju ke babak 16 besar setelah menekuk Republik Ceko 2-1 di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Kamis dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Turki dicetak oleh Hakan Calhanoglu dan Cenk Tosun, sedangkan Republik Ceko membalas lewat Tomas Soucek.

Kemenangan ini membuat Turki menempati runner up Grup F Euro 2024 dengan enam poin dari dua pertandingan, sementara Republik Ceko yang tersingkir menjadi juru kunci dengan satu poin.

Turki akan ditantang oleh Austria pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Rabu pekan depan pukul 02.00 WIB.

Melawan tim besar Portugal, tak ada perasaan gentar di pemain Georgia. Malah di babak pertama, Georgia menciptakan gol cepat setelah umpan Georges Mikautadze dikonversi menjadi gol oleh Khvicha Kvaratskhelia. Georgia memimpin 1-0 pada menit kedua.

Baca Juga:  Pressroom DPRD Kalsel Kembali Gelar Turnamen Tenis Meja 2023

Portugal berusaha keras menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang dimentahkan kiper Georgia Giorgi Mamardashvili.

Giliran Diogo Dalot menciptakan peluang untuk Portugal, akan tetapi sundulannya tak menemui sasaran.

Selecao terus menggempur lini pertahanan Georgia, salah satunya lewat tendangan keras Joao Palhinha, namun kembali Mamardashvili melakukan penyelamatan.

Memasuki babak kedua, Portugal memperagakan permainan menyerang dan menciptakan peluang lewat tendangan Danilo Pereira yang menyamping dari gawang.

Georgia berbalik mengancam melalui tendangan keras Kvaratskhelia, yang dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Skuad asuhan Willy Sagnol mendapatkan peluang menambah keunggulan setelah dihadiahi tendangan penalti karena Luca Lochoshvili dilanggar oleh Antonio Silva di kotak terlarang.

Georges Mikautadze yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangannya tak dapat dijangkau Diogo Costa sehingga kedudukan berubah 2-0 pada menit 57.

Portugal berupaya memperkecil ketertinggalan lewat tendangan Chico Conceicao yang menyamping dari gawang Georgia.

Portugal menciptakan peluang emas lewat tendangan Nelson Semedo, namun Mamardashvili kembali melakukan penyelamatan.

Portugal terus menggempur lini pertahanan Georgia, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Skuad Jvarosnebi bertahan. (Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup F
Rabu (19/6/2024) dinihari

  • Portugal vs Rep Ceko 2-1
  • Turki vs Georgia 3-1

Sabtu (22/6) malam

  • Rep Ceko vs Georgia 1-1

Minggu (23/6) dinihari

  • Turki vs Portugal 0-3

Jadwal Pertandingan
Kamis (27/6) pukul 02.00 WIB

  • Portugal vs Georgia 2-0
  • Ceko vs Turki 1-2

Klasemen Akhir

  1. Portugal 3 2 0 1 5-3 6
  2. Turki 3 2 0 1 5-5 6
  3. Georgia 3 1 1 1 4-4 4
  4. Ceko 3 0 1 2 3-5 1

Iklan
Iklan