Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Nasib Tragis Ukraina Raih Empat Poin, Tak Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024

×

Nasib Tragis Ukraina Raih Empat Poin, Tak Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Para pemain Rumania memberi salam kepada para penggemar di akhir pertandingan sepak bola Grup E UEFA Euro 2024 antara Rumania dan Ukraina di Muenchen Football Arena di Muenchen pada Senin (17/6/2024). (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Nasib tragis dialami Ukraina. Walau pun memiliki poin 4, sama dengan Rumania, Belgia dan Slovakia di Grup E, namun tak lolos ke-16 besar Piala Eropa 2024.

Ukraina yang menjadi unggulan Grup E kalah selisih gol dan harus puas menjadi juru kunci, sedangkan Rumania, Belgia dan Slovakia lolos keputaran kedua.

Rumania menyegel puncak klasemen Grup E setelah bermain imbang 1-1 saat bersua Slovakia pada pertandingan terakhir mereka di Grup E di Frankfurt Arena, Frankfurt, Jerman, Kamis dini hari WIB sudah cukup membawa tim asuhan Edward Lordanescu memuncaki klasemen.

Itu karena pertandingan Grup E lainnya yang mempertemukan Belgia dengan Ukraina berakhir imbang tanpa gol. Hasil tersebut membuat Rumania, Belgia, Slovakia dan Ukraina sama-sama mengoleksi empat poin.

Namun Radu Dragusin dan kawan-kawan berhak menyandang status juara grup karena unggul selisih gol dari Belgia, Slovakia dan Ukraina.

Tiket 16 besar ini juga membuat Rumania untuk kali pertama masuk fase gugur sejak Piala Eropa 2000.

Belgia yang berstatus runner-up dan Slovakia yang berperingkat ketiga terbaik menemani Rumania ke 16 besar.

Belgia sendiri bermain imbang 0-0 melawan Ukraina pada pertandingan ketiga Grup E Piala Eropa 2024 di Stuttgart Arena, Stuttgart, Jerman, Kamis dini hari WIB.

Pada babak 16 besar Rumania akan menghadapi akan menghadapi lawan berat Belanda.

Begitu juga Belgia bersua juara Piala Euro 1984 dan 2000, Prancis.

Slovakia yang berstatus peringkat ketiga terbaik menantang pemuncak Grup C, Inggris.

Babak 16 besar Piala Eropa 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 29 Juni hingga 3 Juli mendatang.

Pelatih Ukraina Serhiy Rebrov menyatakan tak bisa menyalahkan pemain-pemainnya yang tersingkir dari Euro 2024 setelah imbang 0-0 melawan Belgia dalam pertandingan Grup E pada Rabu malam lalu.

Baca Juga:  H Iyun dan Ikatan Keluarga Besar Barito Putera Legend Berkomitmen Cetak Pesepakbola Handal Banua

Keempat tim dalam Grup sama-sama mengumpulkan empat poin, namun Ukraina menempati posisi terbawah karena kalah selisih gol setelah takluk 0-3 kepada Rumania dalam pertandingan pembuka.

“Saya kira kekecewaan kami tidak lolos ke babak gugur karena dalam pertandingan pertama kami kalah dari Rumania,” kata Rebrov.

“Saya berterima kasih kepada para pemain atas respons mereka (dalam menjawab kekalahan dari Rumania itu).”

Ukraina menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang tersingkir pada babak penyisihan grup meski mengumpulkan empat poin.

Penampilan mereka dalam turnamen itu terjadi di tengah suasana konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II, ketika mereka diinvasi Rusia sejak Februari 2022.(Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup E
Jumat (21/6) malam

  • Slovakia vs Ukraina 1-2

Minggu (23/6) dinihari

  • Belgia vs Rumania 2-0

Kamis (27/6) dinihari

  • Ukraina vs Belgia 0-0
  • Slovakia vs Rumania 1-1

Klasemen Akhir

  1. Rumania 3 1 1 1 4-3 4
  2. Belgia 3 1 1 1 2-1 4
  3. Slovakia 3 1 1 1 3-3 4
  4. Ukraina 3 1 1 1 2-4 4
Iklan
Iklan