Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga Piala Dunia Zona Asia Usai Tumbangkan Filipina 2-0

×

Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga Piala Dunia Zona Asia Usai Tumbangkan Filipina 2-0

Sebarkan artikel ini
Tangis haru pemain Timnas Indonesia usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024) sekaligus memastikan diri lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2027. (Kalimantanpost.com/Instagram futbollindinsiaa)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Tim nasional Indonesia mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Piala Dunia Zona Asia 2026 usai menumbangkan Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Bukan itu saja, tim Merah Putih memastikan diri secara otomatis berlaga di Piala Asia 2027 mendatang.

Kedua gol Indonesia dicetak oleh Thom Haye dan sundulan kepala Rizki Ridho.

Kemenangan itu Indonesia memperoleh poin 10 dari 3 kali menang, sekali seri dan dua kali kalah, sehingga tak bisa dikejar lagi Vietnam yang baru bertanding melawan tuan rumah Irak yang baru bertanding Rabu (12/6) dinihari.

Walau pun Vietnam bisa mengalahkan Irak, poin maksimalnya hanya 10 saja. Irak sendiri sudah dipastikan lebih dulu lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga.

Wajib memenangkan pertandingan membuat Indonesia sejak menit awal Indonesia berinisiatif melakukan serangan play maker Thom Haye, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen hingga bek kiri yang baru dimainkan, Calvin Verdonk.

Filipina yang secara mengejutkan tak menurunkan kiper utamanya yang bermain di klub Birmingham Inggris, Neil Leonard el Heridge dengan memasang penjaga gawang Persib Bandung, Kevin Mendoza tampil bertahan total dan hanya mengandalkan serangan balik.

Indonesia melakukan serangan melalui Thom Haye dimenit 6 dengan menusuk dari ke sektor kanan pertahanan lawan. Sayangnya sundulan Marselino terlalu lemah dan tepat dipelukan kiper Filipina.

Presurre cukup ketat pemain Indonesia membuat Filipina tampil bertahan total di daerah pertahanannya. Rapatnya lini belakang lawan yang dikawal Scott Woods, Kevin Ingreso, Adrian Ugelvik dan Jesper Nyholm membuat pemain Indonesia, Thom Haye dan Justin Hubner melakukan peruntungan melakukan tembakan jarak jauh di menit 10 dan 13, sayang tendangannya belum tepat sasaran.

Baca Juga:  Ditaklukkan Persis 2-1, Barito Putera Harus Rela Turun ke Peringkat 10

Giliran bek kiri Indonesia, Calvin Verdonk yang memanfaatkan kesalahan kiper Filipina membuang bola, hanya tipis di atas mistar gawang pada menit 17.

Begitu juga umpan terobosan Thom Haye gagal dijangkau Asnawi di menit 23. Tiga menit kemudian umpan menyusur Rafael Struick disambar Calvin Verdonk, tapi masih bisa di blok kiper Filipina.

Begitu juga di menit 28, Marselino yang dikawal tiga pemain memaksakan diri menendang bola, padahal Ragnar berdiri bebas, sehinga sepakannya dengab mudah diblok kiper Filipina Kevin Ray Mendoza.

Akhirnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan isteri serta seluruh penonton yang memadati Stadion Gelora Bung Karno Jakarta bersorak setelah tendangan Thom Haye di menit 31 menjebol gawang Filipina.

Gol Thom Haye berawal dari kesalahan umpan pemain Filipina di lini tengah. Gelandang 29 tahun itu lalu membawa bola dan kemudian menendang bola dan gagal diamankan oleh kiper Filipina, Kevin Mendoza. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Saat unggul 1-0, kiper Indonesia, Ernando Ari nyaris kembali melakukan blunder saat menahan bola tapi lepas, untungnya posisinya masih di samping kiri gawang hingga berbuah tendangan sudut di menit 33.

Indonesia tak menurunkan tempo permainan. Tembakan Ragnar Oratmangoen di menit 41 masih melambung.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Filipina merubah taktik permainan dengan bermain terbuka dan berinisiatif melakukan serangan. Lewat
serangan balik Dylan Demuynck di menit 48 yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Indonesia dan mampu melewati Rizky Ridho dan Asnawi Mangkualam. Untung masih ada Jay Idzes yang mampu memotong bola hingga gagal lah serangan Filipina.

Indonesia memperbesar kemenangan menjadi 2-0 melalui sundulan Rizky Ridho di menit 55. Berawal tendangan bebas Nathan Tjoe A-On langsung disambar pemain Persija hingga berbuah gol.

Baca Juga:  Ini Tanggapan Shin Tae-yong Tentang Asnawi dan Suporter Indonesia

Unggul 2-0, Indonesia tetap mengendalikan permainan. Beberapa pemain yang sudah menurun fisiknya seperti Nathan dan Rafael Struick ditarik keluar pada menit 62 diganti Ivar Jenner dan Yakob Sauri.

Marselino melakukan tendangan di menit 63, tapi tendangannya masih lemah dan tepat dipelukan kiper Filipina.

Arhan Pratama masuk masuk menggantikan Calvin Verdonk di menit 66 yang sudah mengalami kelelahan.

Di menit 70, tendangan sudut Thom Haye disundul Jay Idzes, sayangnya hanya membentur mistar gawang sebelah kiri gawang Filipina.

Pelatih Shin Tae-yong berusaha melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Sandy Walsh dan Dimas Drajad menggantikan Asnawi dan Ragnar di menit 82.

Namun, hingga babak kedua berakhir, kedudukan 2-0 tak berubah untuk Indonesia. (ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup F

Selasa (11/6)

  • Indonesia vs Filipina 2-0

Jadwal Pertandingan
Rabu (12/6)

  • Irak vs Vietnam pukul 01.00 WIB

Klasemen sementara
Grup F

Klasemen Sementara
Grup F

  1. Irak 5 5 0 0 14-1 15
  2. Indonesia 6 3 1 2 8-8 10
  3. Vietnam 5 2 0 3 5-7 6
  4. Filipina 5 0 1 5 3-14 1

Iklan
Iklan