Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tanah Bumbu

Relawan Bencana Seluruh Kecamatan di Tanbu Ikuti  Pelatihan 

×

Relawan Bencana Seluruh Kecamatan di Tanbu Ikuti  Pelatihan 

Sebarkan artikel ini
KP/Ist

Batulicin, KP – Sebanyak 36 relawan bencana berbagai Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti pelatihan Relawan Penanganan Bencana. Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Daerah H.Ambo Sakka dengan melibatkan aparatur di berbagai Kecamatan 4/6/2024.  Sekda H.Ambo Sakka saat membuka mengatakan, pelatihan relawan penanggulangan bencana dianggap penting dalam rangka migitasi bencana. 

Ada beberapa hal yang harus di miliki para relawan pertama adalah membangun sinergitas. “Bencana tidak mungkin di tangani sebatas relawan atau BPBD, tetapi perlu keterpaduan seluruh unsur yang ada di lokasi bencana,” kata Sekda. Oleh sebab itu sebut Sekda, pemerintah daerah siap,dan relawan bagaimana melakukan komunikasi dengan kepala desa, camat, masyarakat, berbagai perusahaan, sehingga dalam menangani bencana bisa di lakukan secara maksimal,” ujarnya.

Kedua deteksi dini. Deteksi dini ini adalah prioritas,jika curah hujan cukup tinggi dampaknya tentu banjir yang melanda, dan itu harus di deteksi dini, kalau banjir bisa di tebak lantaran karena curah hujan, tapi bagai mana dengan gempa, meski di tempat kita jarang terjadi gempa,” jelas Sekda.

Oleh karena itu  lanjut Sekda, pendidikan dan pelatihan adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi dasar penanganan bencana tandasnya. (han)

Iklan
Baca Juga:  Tanbu Berupaya Mengatasi  Kawasan Bank Spot
Iklan