Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Tim ‘Paling Lemah’ di Putaran Ketiga Piala Dunia Zona Asia 2026

×

Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Tim ‘Paling Lemah’ di Putaran Ketiga Piala Dunia Zona Asia 2026

Sebarkan artikel ini
Pembagian pot putaran 16 besar Piala Dunia 2026 zona Asia. (Kalimantanpost.com/Repro garudafansbook)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Sebanyak 18 tim telah memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melaju ke putaran selanjutnya.

Sebenarnya ada Thailand dan Malaysia yang juga berpeluang ke ronde ketiga, sayangnya nasib kedua tim ini kurang beruntung. Thailand di pertandingan terakhir walau pun menang 3-1 atas Singapura di laga terakhir Grup C, tapi tetap gagal lolos.

Poin akhir Thailand sama dengan milik China, 8. Namun Thailand harus merelakan tiket kelolosan kepada Tim Negeri Tirai Bambu. Kedua tim itu memiliki selisih gol yang sama setelah mencetak sembilan gol dan kebobolan sembilan kali.

Namun China menang dalam head to head lantaran sempat menang 2-1 atas Thailand pada November 2023 lalu. Dengan begitu, China lebih berhak atas peringkat kedua dibanding Thailand.

Sementara Malaysia juga gagal lolos ke putaran ketiga karena finish di peringkat ketiga Grup D dengan raihan 10 poin.

Tim asuhan Kim Pa-gon itu berselisih satu poin dengan Kirgizstan yang berada di posisi runner-up.

Nah, lolosnya timnas Indonesia ke putaran ketiga akan bersaing dengan tim-tim besar di Asia untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2026.

Indonesia yang menempati peringkat 134 dunia, dalam pertandingan nanti berada di pot paling bawah yaitu Pot 6 bersama Korea Utara, Indonesia dan Kuwait.

Ada pun tim yang menempati Pot 1 yaitu Jepang, Iran dan Korea Selatan. Lalu Pot 2 berisi Australia, Qatar dan Saudi Arabia. Pot 3 terdiri Irak Uzbekistan, Uni Emirat Arab.

Selanjutnya Pot 4 diisi Jordania, Oman dan Bahrain serta Pot 5 ada China Palestina dan Kyrgyzstan

Penentuan pot itu ditentukan berdasarkan oleh ranking terbaru FIFA.

Baca Juga:  Mitchell Cetak 45 Poin Bawa Cavaliers Ditaklukkan Nets 111-102 di NBA

Indonesia berada di pot bawah membuat Timnas Indonesia akan ketemu salah tim raksasa sepakbola Asia seperti Korea Selatan, Iran atau Jepang.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sadar di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

“Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah,” kata pelatih Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Rabu (12/6/2024).

“Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga),” tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu drawing pembagian group putaran ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dilakukan pada 27 Juni 2024 mendatang yang akan dibagi menjadi 3 grup.

Peringkat 1-2 pada grup tersebut akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan peringkat 3-4 akan masuk ke Round 4. Sementara tim yang menempati posisi ke 5-6 akan gugur. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan