Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Pemko Sampaikan Raperda RPJPD 2024-2025 Programkan Jadi Lumbung Logistik IKN

×

Pemko Sampaikan Raperda RPJPD 2024-2025 Programkan Jadi Lumbung Logistik IKN

Sebarkan artikel ini
RAPERDA - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan Raperda RPJPD Pemko 2024-2045 pada rapat paripurna tingkat I DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (3/7/2024). (KP/AMIR)

Wali Kota H Ibnu Sina RPJPD Kota Banjarmasin disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RPJPD Provinsi Kalsel.

BANJARMASIN, KP – Pemko Banjarmasin menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Banjarmasin tahun 2025-2045.

Raperda RPJPD disampaikan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina pada rapat paripurna tingkat I DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (3/7/2024).

Rapat paripurna dibuka dan dipimpin langsung Banjarmasin Hary Wijaya didampingi wakil ketua HM Yamin, Tugiatno dan Matnor Ali.

Dalam sambutannya Wali Kota H Ibnu Sina memaparkan RPJPD adalah Dokumen perencanaan pembangunan daerah yang merupakan penjabaran visi-misi arah kebijakan,dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun kedepan.

Menurut Wali Kota RPJPD Kota Banjarmasin disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RPJPD Provinsi Kalsel.

Disampaikan tidak lama lagi akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak tanggal 27 November 2024 mendatang.

Sesuai Permendagri Nomor: 1 tahun 2024 pembahasan Raperda RPJPD tahun 2024-2045 antara pihak eksekutif bersama legislatif diselesaikan sebelum pelaksanaan Pilkada.

Ibnu Sina menjelaskan RPJPD Kota Banjarmasin diantaranya memuat sejumlah perencanaan pembangunan strategis gede kedepan.

“Salah satunya sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara yang telah ditetapkan pemerintah tepatnya kawasan Sepaku Kalimantan Timur,” ujar Ibnu Sina.

Menurutnya, ditetapkannya IKN tentunya sangat menguntungkan bagi Kota Banjarmasin karena akan menjadi pintu gerbang perekonomian sekaligus menjadi lumbung logistik bagi IKN.

Wali Kota Ibnu Sina menegaskan, sebagai pintu gerbang IKN saat ini mendesak direalisasikan yaitu program pengembangan Pelabuhan Trisakti.

“Selain pengembangan dan peningkatan pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan,” katanya.

Ibnu Sina juga menyatakan optimisnya sebagai pintu gerbang dan penyangga IKN, pertumbuhan investasi di Kota Banjarmasin akan meningkat secara signifikan. Terutama di sektor jasa dan perdagangan.

Baca Juga:  PDAM Bandarmasih Senin Malam Perbaiki Pipa Pelanggan di HKSN Banjar Utara

Lebih jauh Ibnu Sina yang dua periode menjabat Walikota Banjarmasin ini memaparkan, dalam RPJPD juga memuat sejumlah perencanaan peningkatan pembangunan lainnya.

Diantaranya ungkapnya, terus dilaksanakannya program normalisasi sungai dan pembenahan drainase, pengembangan pariwisata dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi Raperda RPJPD 2024-2045 seluruh fraksi di DPRD Kota Banjarmasin sepakat menyetujui untuk dibahas ke tahap berikutnya antara pemko dan pihak dewan.

Fraksi dewan berharap Pemko Banjarmasin agar serius melaksanakan RPJPD setelah nantinya ditetapkan dan disahkan menjadi Perda.

“Masalahnya karena masih banyak persoalan dan pekerjaan rumah (PR) dalam upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kota ini yang harus diselesaikan,” kata Fraksi Gerindra saat menyampaikan pemandangan umum menanggapi Raperda RPJPD yang dibacakan Gusti Yasni Iqbal. (nid/K-3)

Iklan
Iklan