Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Kampanye di Banua Lawas, H Fani Jawab Keresahan Warga soal Ekonomi hingga Pertanian

×

Kampanye di Banua Lawas, H Fani Jawab Keresahan Warga soal Ekonomi hingga Pertanian

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2024 10 14 at 22.33.13 scaled e1728916846147

TANJUNG Kalimantan Post.com – Calon Bupati Tabalong, H. Muhammad Noor Rifani, menggelar kampanye dialogis di Desa Habau Hulu, Kecamatan Banua Lawas, Tanjung, pada Kamis (3/10/2024).

H. Fani tampak bersemangat melihat antusiasme masyarakat. Ia menjelaskan secara teknis dan detil rencana program dari tujuh inovasi.

Iklan

Seperti biasa, H Fani menjawab setiap persoalan yang dikeluhkan. Mulai dari masalah sosial, ekonomi, pertanian, pendidikan, pelayanan publik, hingga kinerja lembaga pemerintah daerah.

Dari pantauan, warga setempat lebih banyak mempersoalkan terkaitnya minimnya perhatian pemerintah daerah di sektor potensi ekonomi dan pertanian. Misalnya, soal sulitnya mendapatkan pupuk. Lalu perihal pola tanam serta panen yang berpotensi dua kali panen dalam setahun.

“Selain mendukung penuh dengan penambahan anggaran untuk sektor pertanian, kita juga akan mengembangkan pola tanam juga panennya hingga meningkatkan produksi pertanian dengan dukungan teknologi,” ujarnya.

Sebelumnya, Muhammad Fitli, warga setempat, mengeluhkan masalah petani yang sulit mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Saat ini pupuk orea itu hanya menghijaukan daun saja, bukan mengembangkan potensi kualitas produksi,” katanya.

Fitli berencana menegembangkan P200 pada Sawah Raden dengan fasilitas infrastruktur berbentuk pompa Irigasi.

Terkait lahan tadah hujan di desanya, menurut Fitli, dengan pola dan dukungan pupuk yang disubsidi, maka akan dapat diterapkan pola satu tahun dua kali panen.

Sementara itu, Fitli mengaku puas dengan penjelasan dari H Fani. Menurutnya, ke depan persoalan disektor pertanian saat ini adalah mindset atau pola pikir petani itu sendiri. (*/KPO-2)

Iklan
Baca Juga :  Anomali Indonesia, Berhemat Tapi Boros
Space Iklan
Iklan
Ucapan