Bupati Tapin Harapkan Satu Desa Satu Inovasi

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan,MM berharap dalam sebuah desa di kabupaten Tapin ada satu inovasi, sehingga desa dapat berkembang dan lebih maju lagi.

“Mengingat banyak potensi yang ada di desa untuk dapat dikembangkan, sehingga perlu adanya inovasi sesuai dengan potensinya,” ungkap bupati Tapin HM. Arifin Arpan belum lama tadi di Rantau.

Menurut bupati Tapin pula dalam rangka mendorong penggunaan dana desa yang berkualitas efektif dan efisien melalui Dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa Kabupaten Tapin harus melakukan pembinaan Bursa Inovasi Desa.

Sementara itu pada saat kegiatan Bursa Inovasi desa yang dibuka oleh Bupati Tapin yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum H. Syaiful Bahrin Noor turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas PMD provinsi kalsel, para camat, dan kepala desa beserta aparat desa se Kabupaten Tapin.

Panitia pelaksana Dalam laporannya mengatakan bahwa program inovasi desa bertujuan untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Program inovasi desa bertumpu pada pembangunan ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan kualitas manusia, dan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur.

Sambutan Bupati Tapin yang dibacakan oleh Asisten administrasi Umum H. Syaiful Bahrin Noor mengatakan bahwa Program inovasi desa hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan serta pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa.

“Program inovasi desa diharapkan mampu menstimulir munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipapif di desa dan antar desa,”harapnya.

Ditambahkannya juga bahwa program inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penggunaan kapasitas desa melalui peningkatan produktivitas pedesaan dengan bertumpu pada; Pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, Peningkatan kualitas sdm, Pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa.

Hal ini tidak lain bertujuan untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas dan efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa dalam jangka menengah.

“Dengan kegiatan bursa inovasi desa pada program inovasi desa di kabupaten Tapin ini maka diharapkan seluruh desa dapat mereplikasi kegiatan yang inovatif untuk dapat dimasukkan kedalam apbdes tahun anggaran 2019 sehingga pada tahun 2019 nanti diharapkan dapat terwujud program satu desa satu inovasi,” pungkasnya. (ari/K-6)

 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...