Empat Tahun Sudah STIMI `Bumikan’ Lagu Banjar

LOMBA LAGU BANJAR – STIMI Banjarmasin perguruan tinggi swasta yang paling rajin menggelar lomba lagu-lagu Banjar untuk kalangan anak muda. (KP/Hifni)

Banjarmasin, KP – Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI), perguruan tinggi swasta satu-satunya di banua ini yang rajin menggelar kegiatan lomba-lomba lagu Banjar dikalangan intelektual muda untuk menumbuh kembangkan cinta budaya dan membumikan lagu daerah Banjar kekancah nasional diera globalisasi ini.

Ketua STIMI Banjarmasin, Dr Titin Agustina MM, disela kegiatan final kepada wartawan menjelaskan, STIMI kembali menggelar lomba menyanyikan lagu-lagu Banjar tingkat SMA/SMK sederajat hingga PTN dan PTS, dan ini merupakan agenda tetap tahunan yang memasuki tahun keempat yang digelar untuk mengangkat batang tarandam khususnya lagu-lagu daerah banua yang kurang dikenal anak didik kita diera globalisasi saat ini.

Tujuan kegiatan lomba lagu-lagu Banjar ini untuk menumbuh kembangkan rasa cinta generasi muda kepada akar budayanya, khususnya lagu-lagu Banjar yang saat ini hampir tidak dikenal generasi muda kita.

“ Saya meyakini potensi tarik suara di Bumi Antasari ini sangat besar tinggal difasilitasi saja lagi oleh pihak-pihak dan dinas terkait sehingga lagu Banjar ini semakin dikenal meluas hingga membumi dinusantara ini,’’ jelas peraih dokter ilmu ekonomi ini.

Berita Lainnya

Wawali Hermansyah Ketua APPSBI

Walikota Apresiasi FKDGP Gelar Pengobatan Gratis

1 dari 49

“Kami juga cukup prihatin ketika masuk Bandara Syamsudin Noor dan hotel berbintang sudah sangat jarang mendengar lagu-lagu Banjar yang diperdengarkan kepada tamu yang datang, seperti dibandara-bandara lain di Indonesia, seharusnya ketika mereka masuk sudah diperdengarkan musik panting atau lagu-lagu Banjar beda dengan waktu dulu.

Untuk itu mari kita bersama-sama termasuk pemerintah daerah dan dinas terkait untuk tetap konsisten mengangkat budaya Banjar ini kepermukaan dan pihaknya juga akan terus konsisten akan mengangkat budaya batang tarandam ini kepermukaan untuk mendapatkan bibit-bit muda unggul dibidang tarik suara.

“ Kami akan terus jaga kearifan lokal ini, apa yang menjadikan ciri khas keunikan masing-masing daerah dan melalui lomba ini bisa terjalin dengan berbagai pihak termasuk PTS dan PTN dibanua kita ini,’’ jelasnya.

Ditambahkan ketua pelaksana, Nur Hikmah SH MH MM, lomba tahun 2018 ini diikuti sebanyak 38 peserta terdiri dari SLTA ada 18 orang dan 15 dari PTN dan PTS seperti Kabupaten Banjar, Banjarmasin, Banjarbaru, Tala dan Batola.

Dengan demikian cakupan peserta lebih luas lagi karena sejak pertama digelar lomba lagu Banjar ini dari tahun 2015, jumlah peserta sangat sedikit dimana peserta hanya dari Banjarmasin saja kemudian tahun 2016 diikuti 4 daerah dan ternyata setiap tahunnya peserta naik signifikan termasuk tahun 2018 ini.

Tujuan kegiatan ini diantaranya untuk meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler generasi dalam hal minat dan bakat bidang seni, kemudian juga untuk meningkatkan apresiasi seni, memperkuat daya saing bangsa yakni melalui lagu Banjar, bebernya. (hif/K-5)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya