Bupati Kembali Bongkar Jamban Apung

BONGKAR JAMBAN – Bupati Khalilurrahman membongkar jamban apung di Desa Antasan Sutun Martapura Barat. (Istimewa)

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman kembali membongkar jamban apung di bantaran Sungai Martapura. Kali ini kawasan Desa Antasan Sutun Kecamatan Martapura Barat, Rabu (7/11).

Jamban terapung yang kurang baik untuk kesehatan masyarakat tersebut, langsung dibongkar sendiri oleh Bupati Khalilurrahman disaksikan para kepala SKPD, Wakil Ketua DPRD, Camat Martapura Barat, Kepala Desa Antasan Sutun dan masyarakat setempat.

“Budaya warga yang masih gemar buang air besar ke sungai, harus menjadi perhatian kita bersama. Kebiasaan yang kurang baik ini sangat berdampak pada kesehatan, juga mengotori lingkungan sungai,’’ tandas Guru Khalil.

Menurutnya, bila kita buang air besar di sungai, sekaligus mandi, cuci piring dan baju menggunakan air yang sama, tentu bisa menimbulkan dampak kesehatan.

“Sungai ini bukan milik kita, tetapi anugerah yang dititipkan Allah SWT, jadi harus kita syukuri keberadaannya, untuk itu manfaatkanlah dengan baik, harus dijaga agar lingkungannya tetap bersih dan berkualitas, sehingga bisa dinikmati anak cucu kita kelak,’’ tandasnya.

Dia pun sangat bersyukur dengan pengangkatan jamban apung ini sebagai bentuk upaya keras bersama untuk memelihara dan menyelamatkan ekosistem air dan kehidupan di dalam sungai. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...