Harga Daging Sapi Tetap Stabil

DAGING PALING STABIL – Harga daging sapi segar kiloan disejumlah pasar tradisional dalam 4 bulanan ini harganya terus stabil pasokan dari Pulau Jawa dan Bima masih lancar saat gelombang besar bulan ini.(KP/Hifni)

Banjarmasin, KP – Harga daging segar kiloan disejumlah pasar tradisional 4 bulanan ini kembali stabil dijual Rp120 ribu sampai Rp130 ribu kualitas biasa dan terbaik per kilonya kondisi harga seperti ini tidak banyak berpengaruh dengan permintaan.

Meskipun harga daging segar sapi dan tulangan masih stabil namun permintaan masih cukup bagus setiap harinya yang biasa terjual 50 hingga 100 kilo.

Hal ini dijelasjab Hj Tujan pedagang daging Pasar Kuripan kepada wartawan Senin (12/11).

“ Alhamdulillah, yang masih bertahan membeli hanya dari para pelanggan tetap seperti para penjual pentol, bakso hingga rumah makan dan penjual nasi kuning dan masyarakat serta pengusaha kateringan,” sebutnya.

Jika berharap pembelian dari para ibu rumah tangga semakin sulit disaat harga bertahan seperti ini biasanya ibu ruamh tangga membeli daging saat perayaan hari keagamaan seperti bulan Maudid ini saja atau saat menggelar hajatan selamatan atau perkawinan.

Ditambahkan, Hj Isna pedagang penjual daging lapak Pasar Teluk Dalam, harga daging murni kualitas baik dalam sepekan ini dijual Rp130,000,- per kilo ada penurunan dari pada sebelumnya dijual Rp135,000,- per kilo untuk kualitas daging biasa tetap Rp120,000.

Menurut nenek 1 cucu ini bertahanya, harga daging satu pekanan ini dimulai dari pasokan agen besar kalau harga beli stabil ia mengikuti saja dan jika harga beli diagen besar turun ikut turun jadi hanya mengikuti mekanisme pasar saja yang dibelinya dari tempat penyemblihan resmi dikawasan Basirih sebagai pemasok utama dipasar saat ini.

“ Keuntungan harga daging ini tidak terlalu banyak karena bila harga daging bertahan seperti ini ibu rumah tangga akan beralih kepada ikan atau ayam ras kecuali ketika kita memiliki jaringan langganan banyak seperti hotel atau penginapan dan rumah makan yang pasti mengambilnya stabil walaupun harga daging bertahan seperti ini,” sebutnya.

Selain daging segar yang stabil juga diikuti tulangan iga, tulangan kaki Rp65,000,- dari sebelumnya Rp80,000,-, hati dan hati ampul sapi, kondisi ini tentu akan mempengaruhi pendapatan, padahal keinginan pedagang dan konsumen harga daging sapi setiap bulan dan minggunya bisa terus stabil harga jualnya.

“ Alhamdulilah kami sangat terbantu dengan perayaan hari sesar keagamaan bulan ini karena permintaan daging bagus dari bulan sebelumnya baik itu pengurus masjid dan rumah tangga yang memiliki finansial lebih sehingga daging sebagai lauk utamanya,” jelasnya.

Dari informasi dilapangan Yahdi petugas Pelindo di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pasokan sapi potong asal Madura dan Bima Nusa Tenggara Timur setiap minggu selalu datang dengan menggunakan kapal roro atau yang menggunakan perahu.

Biasanya setiap setengah bulan ada saja armada kapal roro atau kapal perahu madura membawa sapi potong asal Kota Surabaya Madura serta sapi Bima untuk memenuhi permintaan daging segar di sejumlah rumah potong dan pasar tradisional Banjarmasin (hif/K-7)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...