Husairi Buka Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana

BPBD HSU – Gelar pelatihan penanggulangan bencana. (Net)

Amuntai, KP – Guna menyamakan persepsi dalam menanggulangi bencana serta penyebarluasan informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) belum lama tadi menggelar pelatihan

Pelatihan penanggulangan bencana tersebut diikuti Relawan yang dilanksana di Lapangan Golf Air Tawar, yang direncanakan selama 11 hari yang dibuka oleh Wakil Bupati (wabup) H Husairi Abdi Lc.

Kepala BPBD HSU, Sugeng Riyadi dalam laporannya mengungkapkan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagaimana menghadapi penanggulangan bencana baik sesudah terjadi bencana maupun pada saat kejadian.

“Dalam upaya pembekalan dan penyamaan persepsi pada tahap kejadian dan pasca bencana bagi yang nantinya menjadi relawan penanggulangan bencana” katanya.

Selain itu juga melalui pelatihan ini diharapkan terlaksananya program, penyebarluasan informasi penanggulangan bencana, terwujudnya penyamaan pengertian tentang bencana pada mahasiwa-mahasiswi yang menjadi relawan bencana.

Sugeng menlaporkan bahwa untuk pelaksana kegiatan terdiri dari Pembina 2 orang, pengarah 1 orang, ketua 1 orang, wakil ketua 1 orang, sekretaris 1 orang, anggota kesekretariatan 7 orang, dan pendukung 10 orang.

“Dalam pelatihan ini ada berupa pemberian materi pelajaran tentang pengenalan peralatan tenda, peralatan pemadam kebakaran, penaganan pemerintah, jenis penanggulangan bencana, senam pagi, latihan militer, praktik bongkar pasang tenda, praktik penggunaan alat pemadam kebakaran, gps, evaluasi, diskusi”, jelas Sugeng.

Dirinya menambahkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dari waktu ke waktu berupaya mengoptimalkan penanganan. Upaya meningkatkan keterampilan dilaksanakan dengan pemberian pelatihan di Kabupaten HSU pada tahun 2018 yang dilaksanakan oleh BPBD.

Sementara itu Wabup menyampaikan apresiasi tinggi kepada BPBD atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas peran serta dan partisipasi sebagai tenaga relawan.

Dalam UU no 24 tahun 2007 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana menjadi upaya pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi.

Kabupaten HSU merupakan salah satu daerah yang memiliki kerawanan bencana tinggi banjir tanah longsor kebakaran. Maka diperlukan perhatian yang tinggi untuk menangani bencana tersebut. (nov/K-6)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...