Janda Veteran Dihadiahi Kursi Roda

KURSI RODA – Diserahkankepada janda veteran pada Peringatan hari pahlawan tahun 2018, oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong di Halaman Pendopo Bersinar. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Peringatan hari pahlawan tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial Kabupaten Tabalong menyerahkan santunan diantaranya kursi roda kepada para veteran dan janda veteran yang ada di Kabupaten Tabalong.

Bantuan ini diserahkan setelah pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 belum lama tadi di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Yuhani S.Ag S.Pd.SD M.Si, menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 62 veteran dan janda veteran yang mendapat santuan. “dari 62 veteran tersebut, 10 diantaranya juga mendapatkan bantuan kursi roda,” jelasnya.

“Adapun santunan yang diberikan kepada veteran berupa sejumlah uang tunai dan sejumlah bahan pokok. Ini adalah bentuk perhatian kita dari pemerintah kepada mereka yang telah berjuang,” ungkap Yuhani.

Sementara itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si,  yang menyerahkan santuan tersebut secara langsung mengatakan sudah seharusnya menghargai jasa para pahlawan tersebut, “kita semua sudah seharusnya untuk selalu mengapresiasi dan menghargai para veteran baik yang telah gugur maupun yang masih berada disekitar kita,” ujarnya.

“keberadan para veteran harus tetap kita hormati dan hargai baik yang sudah gugur dan yang ada disekitar kita,” ungkap Bupati Taalong H Anang Syakhfiani.

Terkait peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Tabalong bersama dengan TNI dan Polri yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Bupati Tabalong bertindak sebagai inspektur upacara ketika yang dalam amanat dari Mentri Sosial Republik Indonesia menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan di tahun 2018 ini adalah momentum bagi semua untuk mengintropeksi diri.

Pasalnya menurut H Anang Syakhfiani, pada hakekatnya  peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme pantang menyerah berdisiplin,berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya,” demikian jelas Bupati Tabalong ini.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Tabalong bersama dengan pejabat Forkopimda dan jajaran SKPD di lingkup pemda tabalong beriziarah ke taman makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Mabuun.

Peringatan hari pahlawan digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menetapkan Tema “Semangat Pahlawan di Dadaku.”

Dengan tema tersebut diharapkan keteladanan para pahlawan menjadi modal bagi segenap komponen bangsa dalam menjaga, memelihara, dan memperkokoh persatuan dalam membangun negeri. Mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dinikmati hari ini merupakan hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetasan air mata, serta tumpahan darah para pahlawan. (ros/K-6)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...