Kontingen Popwil Kalsel Merebut 15 Medali Di Surakarta

Banjarmasin, KP – Atlet pelajar Kalsel mendulang sejumlah medali pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) III yang berlangsung 7 sampai 13 November 2018 di Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

Kontingen Popwil Kalsel merebut total 16 medali, terdiri dari dua keping medali emas, empat perak, dan sembilan perunggu yang berhasil dibawa pulang kontingen Popwil Kalsel. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mengerahkan 139 atlet di even ini.

“Diperhelatan Popwil ini, atlet kita mendulang sejumlah medali,” ungkap Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel Mujiyat yang mendampingi kontingen kepada wartawan di Banjarmasin lewat telepon sellularnya, Selasa (13/11) kemarin dari Surakarta.

Dua medali emas, diperoleh dari cabang pencak silat dan tenis meja putra. Sedangkan empat medali perak semuanya diborong atlet pencak silat. Sementara sembilan medali perunggu, disumbangkan pencak silat (tujuh perunggu), bulutangkis beregu putra (satu perunggu),dan tenis meja putri (satu perunggu).

“Hasil ini cukup mengembirakan karena mereka berhasil lolos mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Papua. Awalnya kita hanya menekankan setiap atlet agar tampil maksimal dan memberikan yang terbaik,” tutur Mujiyat.

Sementara itu, Kadispora Kalsel Drs H Zakly Asswan menyambut baik dengan torehan medali yang dicapai kotingen Popwil Kalsel. “Namun mereka jangan cepat puas dulu. Setelah ini ada Popnas yang persaingannya semakin ketat dalam perolehan medali,” ucapnya.

Menghadapi Popnas mendatang, ditambahkannya, perlu persiapan yang lebih baik lagi. Apalagi lawan yang akan dihadapi merupakan atlet terbaik dari masing-masing wilayah. “Target kita tentunya meraih medali emas pada Popnas nanti,” imbuhnya.

Menurut Zakly keberhasilan atlet-atlet Kalsel dalam menorehkan prestasi terbaik, merupakan keberhasilan Gubernur Paman Birin dalam membeikan motivasi pada semua atlet yang akan berlaga pada even nasional juga internasional.

‘’Semboyan Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat) mampu meningkatkan semangat tanding [ara atlet banua, karena mereka terpacu untuk bergerak dan bergerak, sehingga berhasil mempersembahkan prestasi terbaik,’’ kata Zakly.

Cabang lainnya yang berprestasi di kancah Asean (Asia Tenggara) adalah gulat, tiga atlet Kalsel yang dipanggil memperkuat tim Indonesia , Fachriansyah, Adam wibowo mempersembahkan masing-masing 1 medali emas, dan atlet putri andalan Kalsel, Roxana merebut 2 medali emas. (rel/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...