Masyarakat Banjarbaru Dibudayakan Gemar Makan Ikan

Banjarbaru, KP – Saat ini Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan mempromosikan penggunaan pangan berbasis produk perikanan yang kita kenal dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Makanan kita konsumsi hendaknya bergizi tinggi dan dapat menyehatkan badan. Tidak harus mahal dan bisa diperoleh dari ikan karena mengandung zat zat dibutuhkan, seperti protein, mineral, asam amino, terutama omega 3 tinggi,’’kata Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini pada Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2018 di SDN 02 Landasan Ulin Utara, kemarin.

Dihadapan para murid, Ririen menjelaskan, zat zat tersebut dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk membentuk generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

“Mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, maka melalui kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Banjarbaru mulai anak-anak hingga dewasa untuk membiasakan makan ikan,’’ pintanya.

Menurutnya, sumber makanan ini sangat mudah didapat, selain tersedia di pasar, dilingkungan tempat tinggal pun banyak tersedia, seperti di sungai rawa dan danau.

“Gerakan memasyarakatkan makan ikan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah, disamping upaya meningkatkan status gizi masyarakat, terutama siswa sekolah, juga salah satu mata rantai penyerapan hasil perikanan yang diproduksi masyarakat,’’ tandasnya.

Seiring dengan peningkatan produksi perikanan, sambungnya, konsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya, antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah makan yang menyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peran ahli masak profesional dalam menciptakan menu olahan ikan serta menggugah minat masyarakat mengkonsumsinya.

“Diharap ini dapat membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan, apalagi dari sisi kesehatan sejak dulu ikan telah dikenal sebagai sumber protein. Para ahli gizi juga telah mengakui manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,’’ tandasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...