SDN 2 Syamsudin Noor Ajak Murid Belajar di Alam Terbuka

DI ALAM TERBUKA – Murid-murid SDN 2 Syamsudin Noor tampak senang belajar di alam terbuka di loksi wisata Kiram Park, Karang Intan Kabupaten Banjar. (Net)

Banjarmasin, KP – Sorak-sorai gembira dari anak-anak tampak terlihat saat SDN 2 Syamsudin Noor mengajak muridnya belajar di alam terbuka, pada Sabtu (3/11).

Lokasi wisata alam Kiram Park, di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar menjadi pilihan pihak sekolah untuk membawa sejenak anak didiknya keluar dari situasi formal selama ini, yakni belajar di kelas.

“Harapan belajar di alam terbuka ini anak dapat mengenal lingkungan lebih luas, selain lingkungannya sendiri seperti di rumah dan sekolah,’’ kata salah satu guru Bambang Suryanata.

Dengan konsep belajar secara berkelompok, anak diminta mengamati benda di sekitar yang mereka lihat dan mencatat sebanyak-banyaknya apa yang ditemukan dan diketahui.

Secara perorangan, para murid juga menggambar dengan tema lingkungan yang ada di lokasi dengan view pegunungan tersebut.

Berita Lainnya

Wawali Hermansyah Ketua APPSBI

Walikota Apresiasi FKDGP Gelar Pengobatan Gratis

1 dari 49
Loading...

Bambang mengungkapkan, dengan belajar di luar ruangan atau alam bebas, maka anak-anak bisa bereksplorasi secara aktif dan bebas.

“Anak jadi lebih mandiri, berani dan tentunya lebih kompak dalam kebersamaan, termasuk jalinan antara murid dan guru lebih akrab karena suasananya santai dan rileks,’’ tutur Wali Kelas 3A ini.

Senada disampaikan guru lainnya Megawati. Wali Murid Kelas 3D ini mengaku antusiasme anak didik saat diajak ke alam terbuka tentu sangat baik sehingga semangat belajar juga semakin meningkat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua karena sangat mendukung kegiatan ini. Wali murid urunan untuk biaya transportasi dari sekolah menuju lokasi,’’ ungkapnya. Sebagai wujud kebersamaan, para murid, guru dan orang tua pun menumpangi angkutan umum yang disewa khusus berangkat dari sekolah yang beralamat di Jalan Kasturi 2, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru menuju Kiram Park atau lebih dikenal dengan sebutan Villa Paman Birin itu.

Ada sekitar 100 siswa yang mengikuti kegiatan dari empat kelas, yakni Kelas 3A, Kelas 3B, Kelas 3C dan Kelas 3D.

Raut wajah riang gembira terpancar dari para murid sepanjang kegiatan di alam bebas itu. Seperti diungkapkan Nabila Azizah, murid Kelas 3D SDN 2 Syamsudin Noor yang senang karena leluasa bergerak, berjalan dan berlari sembari belajar.

“Pengen sering-sering ke sini. Apalagi sama teman-teman sekolah lebih ramai dan asik,’’ tuturnya. (net/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya