Sejumlah Kampung Berlomba Jadi Destinasi Wisata

BANJARMASIN, KP – Keinginan warga tampaknya kini terus berlomba untuk menjadikan sekitar tempat tinggal mereka sebagai destinasi wisata di Banjarmasin dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif. Seperti diantaranya Kampung Hijau Tentara dan Kampung Bunga di Kelurahan Sungai Andai, Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Gadang dan Kampung Katupat di Kelurahan Sungai Baru dan Kampung Sasirangan.

Tak kalah kampung-kampung tersebut, warga yang tinggal di Jalan Kuin Utara Kelurahan Pangeran menginginkan agar kampung mereka sebagai destinasi wisata dengan menyuguhkan kuliner Soto Kuin.

Usulan destinasi wisata menyuguhkan masakan khas Banjar ini disampaikan salah satu warga Kelurahan Pangeran, Sumiadi Burhan, saat anggota DPRD Kota Banjarmasin dari daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Banjarmasin Utara melaksanakan kegiatan reses menyerap aspirasi masyarakat di Kelurahan Pangeran belum lama ini.

Menurut Sumiadi Burhan, dengan dibentuknya Kampung Soto Kuin, ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dijadikan andalan Kota Seribu Sungai ini. Apalagi kuliner Soto Kuin sudah terkenal hingga keluar daerah.

“Pemerintah kota kan sudah ada membentuk Kampung Sasirangan. Pas saja kalau ada Kampung Soto Kuin. Ini sebagai salah satu destinasi yang dapat memajukan pariwisata di kota ini,’’ ujarnya.

Selain itu, kata Sumiadi, sapaan akrabnya, dengan adanya Kampung Soto Kuin, pendapatan daerah di bidang pariwisata juga akan bertambah. “Bisa saja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar maupun lokal,’’ katanya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Banjarmasin, Mushaffa Zakir mengatakan, usulan warga tersebut sangat baik, terlebih itu untuk menghidupkan pariwisata di kota ini. “Ya itu akan kami sampaikan kepada pemerintah kota,’’ katanya.

Namun, yang menjadi kendala, menurut Mushaffa Zakir, fasilitas infrastruktur seperti jalan dan lahan parkir untuk menunjang destinasi ini, haruslah memadai. Dan respon pemerintah pun sangat dibutuhkan, agar keingan warga mejadikan Kampung Soto Kuin dapat direalisasikan.

“Memang pasti banyak pertimbangan untuk merealisasikannya. Tapi kami di dewan sangat mendukung harapan warga tersebut, apalagi tujuannya selain untuk memajukan pariwisata di kota juga dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ ujar Mushaffa Zakir.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, wilayah Banjarmasin yang memiliki karakter khusus, dapat kembali dijadikan destinasi wisata dan secara tidak langsung juga akan menambah PAD kota ini.

“ Seperti adanya sejumlah kampung di Banjarmasin yang secara kreatif menarik perhatian untuk dikunjungi warga lainnya, baik dari Banjarmasin sendiri maupun yang datang dari luar daerah. Seperti Kampung Bunga di Kelurahan Sungai Andai dan Kampung Sasirangan yang terletak di Kelurahan Seberang Mesjid,’’ kata Mushaffa Zakir. (nid/K-5)

 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...