Spiderman Cilik Banua Adu Tangkas di Kejurda Panjat Dinding Piala Menpora 2018

Banjarmasin, KP – Federasi Panjat Tebing Indonesia(FPTI) Kalimantan Selatan melakukan pembinaan atlet usia dini, lewat Kejuaraan Daerah (Kejurda) bertajuk Piala Menpora 2018. Digelar di venue Panjang Dinding komplek GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, Jum’at (2/11) 2018.

Kejuaraan olahraga ekstrim ini mendapat perhatian tersendiri Gubernur Kalsel H Sahnbirin Noor, yang hadir membuka kegiatan dengan melakukan pemasangan point panjat pada dinding speed record.

Uniknya, Gubernur akrab disapa Paman Birin itu, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel dan Ketua FPYI Kalsel, Fathurahman mencoba langsung pemanjatan ketinggian sekitar 2 meter. Tenyata sulit juga ya, badan saya berat, ucap Gubernur yang sapaan akrabnya Paman Birin ini.

Ada sekitar 75 atlet U-15 kelas usia dini utusan 13 Kabupaten/Kota, ambil bagian pada Kejurda merebutkan piala Menpora tersebut. Gubernur Kalse H. Sahbirin Noor mengapresiasi upaya FPTI Kalsel. Guna mengembangkan bibit altet di Banua.

‘’Ini suatu hal yang luar biasa, Kalsel sudah dipandang di Mata Nasional dalam olahraga panjat tebing. Saya bangga, apalagi ada atlet banua tercatat sebagai juara Nasional dan kini mewakili Indonesia bertanding di Cina, semoga sukses, mengharumkan nama banua dan nama Bangsa Indonesia, ‘’ungkap Paman Birin, satu-satunya Gubernur di Indonesia yang meraih penghargaan sebagai Pembina Olahraga Terbaik pada Peringatan Haornas di Lombok NTB, belum lama tadi.

Ketua FPTI Kalsel Fathurrahman menerangkan sengaja menggelar pertandingan panjat kelas umur. sebagai bentuk pembinaan dan daya tarik masyarakat pada olahraga yang kini mulai banyak diminati.

kegiatan ini sebagai bentuk eksistensi kita dalam mencari bibit altet. Terlebih Pemprov melalui Koni telah membangunkan Venue panjat dinding di tengah kota. Saya yakin olahraga yang tergolong ekstreem ini akan terus berkembang, terang Fathurahman yang mantan Ketua PWI Kalsel selama dua priode ini.

Fathurrahman juga menambahkan pegelaran kejurda tersebut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP, seluruh peralatan dan perlengkapan sesuai standar, tali karmantel statis itu mampu menopang 3 ton. selain itu, para juri dan wasit merela telah memiliki sertifikasi, pungkasnya.

Kejurda Panjat Tebing Kalimantan Selatan Piala Menpora 2018, terbagi dua ketegori nomor lomba.

Yaitu Speed Record adu kecepatan dalam pemanjatan, dan Lead atau teknik pemanjatan, yang berlangsung hingga Minggu (4 November) terbuka untuk umum. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...