Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Walikota Pantau Tes CPNS di Halaman Sekolah

×

Walikota Pantau Tes CPNS di Halaman Sekolah

Sebarkan artikel ini

TES CPNS BANJARMASIN – Walikotanya H Ibnu Sina tidak diperbolehkan masuk keruangan pelaksanaan tes dan tampak saat memantau kegiatan tes di halaman sekolah dan berdialog dengan peserta setelah keluar tes, Senin (5/11) siang. (KP/Narti)

BANJARMASIN, KP – Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin berjalan sangat ketat,  bahkan Walikotanya H Ibnu Sina sendiri tidak diperbolehkan masuk keruangan pelaksanaannya.

Android

“Sepintas kita lihat pelaksanaan tes CPNS di hari pertama ini berjalan cukup lancar, meskipun kita tidak dibolehkan masuk melihatnya secara   langsung,’’ ujar Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat memantau pelaksanaan tes CPNS di sekolah, masing-masing di SMAN 1, SMAN 2, dan  SMKN 1, Banjarmasin, Senin (5/11).

Menurut dia, sesuai ketentuannya, pelaksanaan tes CPNS ini yang dilakukan sistem komputerisasi atau daring, ada tiga titik yang  disediakan untuk pelaksanannya ini. “Titik -titik pelaksanaannya ada di SMAN 1 untuk satu sesi 100 siswa demikian juga di SMAN 2, dan SMK 1
sebanyak 120 peserta untuk satu sesi Banjarmasin,’’ ujarnya.

Khusus pelaksanaan tes CPNS ini akan dilaksanakan selama lima hari, sebab jumlah peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 5.224 orang.

“Namun pada hari pertama satu sesi pertama sudah mundur 3 peserta,’’ katanya.

“Jadi dengan keterbatasan peralatan komputerisasinya, maka pelaksanaannya dilaksanakan bergiliran, sekitar seribu orang setiap  harinya,’’ papar politisi PKS ini.

Menurut dia, dari laporan dihari pertama pelaksanaan ini, dinyatakan ada tiga orang pendaftar yang dinyatakan gugur, sebab tidak datang  dijadwalnya yang bersangkutan harus mengikuti tes tersebut.

“Kita harap yang lain tetap semangat mengikuti tes ini, sehingga cita-citanya terwujud jadi abdi negara,’’ tuturnya.

Menurut dia, pelaksanaan tes CPNS ini sangat transparan, semua peserta bisa melihat hasilnya langsung dari ujian yang mereka kerjakan, sebab  nilainya akan langsung ditayangkan setelah usai pelaksanaanya.

Baca Juga:  Gubernur Musnahkan Narkoba

“Karena panitia menyediakan layar elektronik untuk pengumuman hasil tes ini, sehingga semuanya bisa menyaksikan,’’ katannya yang didampingi  Sekdako Banjarmasin Drs H Hamli Kursani.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin Drs H Safri Azmi menyatakan, ada sebanyak 387 formasi yang  diperebutkan dalam tes CPNS tahun 2018 ini.

“Jadi kompetisi untuk meraih kursi sebagai CPNS ini berlangsung sangat ketat, sebab yang melamar sebanyak 5000 orang lebih,’’ paparnya.

Bahkan, untuk menunjang pelaksanaan tes CPNS ini berjalan hidmat tanpa ada yang mengganggu perhatian peserta, siapapun selain petugas  pelaksana tidak diperbolehkan masuk.

“Bahkan bapak walikota kita memahami sendiri akan aturan itu, beliau melakukan pemantauan di luar saja, yang penting kata beliau  pelaksanaannya bisa berjalan lancar, dan tetap menjaga netralitas dan trasparan,’’ ujarnya. (vin/K-5)

Iklan
Iklan