Dispora Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Sumpah Pemuda

Banjarmasin, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (27/10) menggelar Kejuaraan Dayung Tradisional Perahu Naga, di Sungai Martapura Banjarmasin.

Kegiatan lomba dayung yang dilepas Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Kalsel ,Heriansyah, didampingi Kadispora Kalsel H Hermansyah, unsure Forkompimda Kalsel dan para Kepala SKPD, menjadikan Sungai Martapura Kota Banjarmasin menyuguhkan pemandangan berbeda Minggu (27/10/2019) siang kemarin.

Menghadirkan perahu berkepala dan berekor naga, mereka pun beradu cepat dengan ditunggangi sejumlah pendayungnya yang berbadan kekar.

Namun yang menarik pada lomba tersebut ternyata pesertanya pun tidak hanya pria, melainkan kaum hawa yang pun turut mengayunkan dayungnya.

Sebut saja salah satu pendayung itu, Nadia, meski kehadirannya sebagai minoritas namun tak menyurutkan semangatnya turut bersaing melawan para pendayung pria.

” Kalau ikut lomba seperti ini, sebetulnya sudah sering. Tantangannya ya karena yang lain pesertanya pria semua sedangkan kami campuran, tapi tetap optimis saja bisa menang,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah mengatakan lomba Dayung sendiri sudah dilaksanakan dua hari yakni sejak Sabtu (26/10/2019) kemarin dan Minggu (27/10/2019).

Berita Lainnya
1 dari 229
Loading...

Berjumlah sebanyak 18 tim terdiri dari kelas senior dan junior lomba ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

” Karena sesuai tema sumpah pemuda bersatu kita maju, lomba Dayung ini pun sama. Perahu tidak akan maju jika pesertanya tidak bersatu mendayung perahu mereka bersama-sama menuju finish,” jelasnya.

Selain itu, kata Kadispora digelarnya lomba Dayung Perahu Naga tersebut sekaligus bagian menghadapi Pra PON pada digelar di Papua November mendatang.

” Terutama bagi mereka di kelas senior, sehingga kita berharap pada PON di Papua mendatang Kalsel bisa meraih medali sebanyak-sebanyaknya,” jelasnya.

Sedangkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor diwakili Asisten III nya, Heriansyah, digelarnya lomba perahu naga 2019 ini berharap bukan sekedar lomba namun lebih dari itu.

Karena lomba ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk memasyarakatkan perahu naga, menghidupkan lagi budaya sungai meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian dan kebersihan sungai serta memantapkan sungai sebagai ikon Kalsel.

” Dan sebagaimana lomba atau kompetisi lainnya, saya harapkan seluruh peserta, tim, perangkat panitia pertandingan serta pelaksana untuk bersama-sama menjunjung tinggi sportivitas. Karena dengan sportivitas dapat berjalan dengan baik dan lancar serta menjadikan terbaik sebagai juara, ” tutupnya saat membacakan sambutan gubernur Kalsel.

Usai memberikan sambutan, asisten III Pemprov Kalsel didampingi Kadispora Kalsel, bertolak langsung ke tengah sungai Martapura. Mereka melepas peserta lomba pertama yang mempertandingkan tiga perahu naga. (rel/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya