Bank Indonesia Dorong Transaksi Non Tunai

689

Palangka Raya,KP-Indonesia Perwakilan Kalteng dorong masyarakat pada umumnya baik pelaku usaha maupun ASN melakukan transaksi non tunai.

Kepada sejumlah awak media, Setian Deputy BI Perwakilan Kalteng awal pekan tadi mengungkapkan, tujuan pihaknya mendorong transaksi non tunai menggunakan uang digital yang sudah ada saat ini.

Upaya membumikan gerakan nasional non tunai terus dilakukan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalteng dengan melakukan sosialisasi penggunaan pembayaran secara non tunai tersebut di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan, terang Setian.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalteng, Setian, mengatakan, ada beberapa manfaat penggunaan transaksi atau pembayaran secara non tunai tersebut.

Pembayaran non tunai disebutkan merupakan sistem pembayaran efisien, aman dan andal mampu meminimalisir peredaran uang palsu dan menghemat biaya cetak uang kertas, tambahnya.

Pihaknya sudah mengimbau Pemerintah Daerah untuk semua transaksi tidak lagi dilakukan secara tunai tapi dengan cara non tunai. Tujuan lain mengurangi resiko dari membawa uang dalam tunai dari bahaya perampokan dan lainnya.

Akan tetapi meski begitu sebutnya, pihaknya hanya bisa mengimbau dan tidak bisa memaksa kepada masyarakat maupun pemerintah untuk melakukan transaksi keuangan dengan cara non tunai tersebut.

Sosialisasi juga dilakukan untuk masyarakat Kalteng terutama yang berada di pinggiran kota, karena masih banyak belum kenal transaksi non tunai tersebut.

Sampai saat ini sejak beberapa bulan lalu pihaknya melakukan praktek transaksi pembayaran transper non tunai dengan Pemerintah Daerah di Kalteng, dan diharapkan diikuti Kabupaten dan Kota se Kalteng. (drt/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...