Bupati HST Terima Penghargaan Ketepatan Alokasi APBD Bidang Kesehatan

Barabai, KP-Bupati HST H A Chairansyah dapat penghargaan sebagai Kepala Daerah ranking pertama untuk cluster 3 Kategori Ketepatan Alokasi bidang kesehatan dalam Indeks Kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD (KELOLA) menurut Katadata Insight Center (KIC) suatu lembaga Independen bekerja sama dengan Kementerian dalam Negeri  bertempat di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat (28/11).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Budi Santoso Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada Acara Malam Penghargaan Indeks KELOLA 2019 Mengusung Tema Terobosan Daerah Membangun Negeri mengundang sebanyak 63 Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang terpilih dan berhasil membangun wilayah dan masyarakatnya.

Bupati HST H A Chairansyah penghargaan yang Dia terima dikarenakan keberanian dalam mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 pada bidang Kesehatan terutama berkaitan terhadap program Universal Health Coverage (UHC) atau dikenal jaminan layanan kesehatan seluruh masyarakat HST..

Seperti yang diketahui bahwa anggaran tahun 2019 hampir 30 milyar dialokasikan bagi UHC untuk masyarakat sedangkan anggaran tahun 2020 berkisar 40 milyar begitu pula alokasi APBD sebesar 10 % juga sangat berpengaruh terhadap penilaian karena kita konsisten terhadap bidang kesehatan bebernya.

Sementara Mendagri yang diwakili Dirjen Bina Keuangan Daerah Syarifudin berpesan kepada seluruh kepala daerah agar pengelolaan keuangan terutama Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  dapat dipertangung jawabkan dan diinformasikan terhadap publik hal tersebut semata mata agar masyarakat umum dapat mengetahui dan mengawal terhadap kinerja pemangku kebijakan.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memastikan sepertiga dana APBN ditransfer untuk daerah dan desa  hal itu dilakukan karena daerahlah yang paling mengerti kebutuhan masyarakat setempat.

Baik dari segi pendidkan, kesehatan, jalan raya maupun pembangunan pedesaan dengan harapan pemangku kebijakan dapat memiliki kinerja baik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Chief content officer Katadata Insight center (KIC) Heri Susanto menjelaskan Daerah daerah tersebut memang melakukan banyak inovasi dan layak mendapatkan apresiasi.

Menurutnya pemberian penghargaan Indek KELOLA 2019 yang kedua kalinya ini karena berhasil dan efektif dalam mengelola anggaran daerah sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta berdampak signifikan untuk perbaikan pada bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan.

Dengan adanya indeks kelola ini diharapkan akan melahirkan pemimpin pemimpin daerah yang berprestasi dari pelosok nusantara dan maju bersaing kepentas nasional, ujar heri.

Kadata insight center merupakan spesialisasi riset dan data analisis yang didukung oleh tim yang berpengalaman dalam pembuatan dan penulisan produk produk riset berkualitas melibatkan  panel ahli ekonomi independen dan juga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gajah Mada (UGM) yaitu Dr.Elan Satriawan,M.Ec, Dr.Rimawan Pradiptyo,M.Sc serta Dr. Gumilang Aryo Sahadewo,M.A. (adv/ary/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...