Kemenkum HAM RI Gelar Lomba Kadarkum

Siswansyah memukul gong tanda dimulainya Lomba Sadarkum yang dilaksanakan Kemenkumham Kalsel.

Banjarmasin, KP – Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Siswansyah,SH,MH mewakili Gubernur Kalsel membuka secara resmi Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2019.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Siswansyah, Selasa, (05/10), di Auditorium Fakultas Hukum ULM.

Diungkapkan Siswansyah, sebagaimana sambutan tertulis gubernur, mengapresiasi pelaksanaan lomba Kadarkum tesebut.

“Kegiatan ini sangat positif karena berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, Jadi kita memahami suatu aturan dan melaksanakannya dengan tertib dan disiplin, agar menjadi masyarakat yang berbudaya dan cerdas,” ucapnya.

Gubernur berharap, dengan adanya lomba Kadarkum ini, pihaknya berharap dapat menciptakan masyarakat yang cerdas hukum dan menjadi pionir dalam membentuk desa sadar hukum.

Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa lebih masif lagi dalam memahami keberadaan hukum yang ada, masyarakat bisa mengetahui akan keberadaan hukum itu sendiri.

“Dengan demikian, masyarakat Kalsel sadar akan pentingnya pengetahuan tentang hukum agar hukum bukan menjadi sesuatu yang menakutkan tetapi menjadi sesuatu yang harus ditaati dan di mengerti oleh warga masyarakat untuk mewujudkan masyarakat banua yang sejahtera dan bahagia,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Agus Toyib mengatakan lomba Kadarkum ini merupakan Upaya Pembinaan Budaya Hukum dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Hal ini terus dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Dengan harapan mampu menjadi salah satu solusi, untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya mendekatkan hukum kepada masyarakat dan institusi pemerintah.

“Pada event tahunan yang dimulai dari tingkat kecamatan ini, peserta akan dites pengetahuannya tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan hal-hal yang berkaitan dengan Narkotika. Selain itu wawasan peserta tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme juga diuji,” ujarnya.

Lomba ini diikuti keluarga sadar hukum dari 12 kabupaten/kota di Kalsel. Mereka akan berkompetisi memperebutkan tiket ke tingkat nasional dalam lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) 2019.

“Pemenang lomba Kadarkum Provinsi Kalsel tahun 2019 ini akan mewakili Kalsel untuk bertanding di tingkat nasional,” katanya. (humpro/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...