Kontingen ASN Kalsel Ukir Sejarah di Pornas

Pembalap Banua, Ricky Iswana, dengan Honda GTR 150, melaju di sirkuit Temindung Samarinda, Kaltim. (Kp/hifni)

Banjarmasin, KP – Kontingen ASN (aparatur sipil Negara)/Korpri Kalimantan Selatan, untuk pertamakalinya berhasil membuat sejarah, karena behasil menempati posisi ke 7 pada ajang Pornas (Pekan Olahraga Nasional) XV Korpri di Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel H Hemansyah diwakili Kabid Pembudayaan Olahraga, Yuyu Rahmat Mulyana, pada event yang berlangsung dari tanggal 10-18 November 2019 tersebut, kontingen ASN Kalsel merebut 2 medali emas, dari cabang olahraga Catur dan cabor tennis meja, 1 medali perak dari cabang tennis lapangan dan 2 perunggu dari cabor catur dan bulutangkis.

Pornas Kopri 2019 di Provinsi Bangka Belitung pada 10-18 November 2019, diikuti kontingen Kalimantan Selatan. Sebanyak 45 atlet, pelatih dan ofisial ASN Kalsel dilepas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk berlaga di ajang dua tahunan itu.

GUBERNUR Kalsel Sahbirin Noor pun bangga bisa mengirim atlet andalan untuk mengikuti berbagai macam cabang olahraga, dalam prosesi pelepasan di Hotel Tree Park, Banjarmasin, Jumat (8/11).

Ia mengingatkan agar semua atlet untuk bertanding dengan semangat tinggi dan harus memenangkan dengan persiapan matang.

“Untuk meraih itu, maka harus berlatih, terus berlatih dan berlatih, sampai kita menjadi mahir. Dengan persiapan yang matang baik fisik maupun mental, niscaya bisa menghasilkan prestasi yang bagus,” cetus Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel dalam sambutannya dihadiri perwakilan KONI Kalimantan Selatan.

Namun, Paman Birin mengaku belum puas karena Kalsel hanya mengirim 45 duta, padahal di Kalimantan Selatan terdapat 13 kabupaten dan kota. Dengan begitu, menurut Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini menggambarkan jika Banua hanya mengirim empat wakil saja.

“Padahal, Gubernur Kalsel sudah mendapat penghargaan nasional sebagai kepala daerah yang pembina olahraga berkaliber nasional. Kita ingin terbaik secara kuantitas, tapi juga kualitas yang harus berimbang,” cetus Paman Birin.

Ia pun menanamkan semangat Pangeran Antasari dalam Perang Banjar melawan penjajah Belanda dengan prinsip haram manyarah waja sampai kaputing, harus dipegang para atlet ASN yang mewakili Kalsel di level nasional.

Atlet ASN Kalsel akan mengikuti enam cabang olahraga yaitu futsal, senam, catur, tenis lapangan, tenis meja dan bulu tangkis berhadapan dengan duta olahraga dari provinsi lain se-Indonesia di wilayah pemekaran Provinsi Sumatera Selatan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel Hermansyah mengungkapkan 45 atlet yang dikirim ke Provinsi Bangka Belitung merupakan para ASN yang telah diseleksi dari 13 kabupaten dan kota. Mereka pun terbaik dalam cabang olahraga yang diikuti Kontingen Kalsel.

“Sesuai target Paman Birin, kita harus mempersembahkan prestasi yang terbaik dan meraih medali untuk mengharumkan nama Banua.Alhamdulillah kita bias merebut 2 emas 1 perak dan 2 perunggu dan berada di posisi ke 7 dari sekitar 40 provinsi di Indonesia tersebut,” tandas Hermansyah. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...