Pemko Sediakan Bak Sampah Berbeda

TEMPAT SAMPAH - Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono menunjukan tempat sampah yang menunjukan spesifikasi jenis sampahnya. (KP/narti)

Banjarmasin, KP – Guna memberikan kenyamanan dan lingkungan bersih di kawasan Balai kota, maka terlihat tiga bak sampah dengan warna yang berbeda.

Hal itu, dilakukan untuk memilah sampah dari sumbernya, terlebih pemasangan tiga tempat sampah itu seiring penilaian tahap dua dari tim penilaian pusat Adipura.

Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono menerangkan tempat sampah tersebut merupakan bak spesifik sesuai jenisnya seperti baterai, botol bekas parfum, baygon sejenisnya serta sampah elektronik dan lampu.

“Karena kalau kotak yang lain untuk jenis sampah organik dan anorganik, ini peruntukkan untuk limbah rumah tangga,’’ ujar Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono, Jumat (22/11).

Bahkan Wahyu juga menambahkan keberadaan bak spesifik dipersiapkan seiring keluarnya peraturan pemerintah, dengan tujuan agar penanganan limbah rumah tangga teratasi.

Meski tanggung jawab tersebut sepenuhnya tetap pada pemerintah, namun ia berharap masyarakat pun bisa turut membantu melakukan pemilihan sampah pada sumbernya sebelum membuangnya.

“Sampah-sampah spesifik yang telah terkumpul tadi, akan dimusnahkan dengan cara khusus yakni melalui insinerator. Yang saat ini tempat itu pun sedang kami siapkan,’’ ujarnya.(vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...