Puting Beliung Hantam 2 Kabupaten di Kalsel

Balangan, KP – Bencana angin kencang alias puting beliung melanda Desa Baruh Penyambaran dan Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, insiden tersebut merusak sejumlah rumah warga mulai dari rusak ringan hingga rusak berat.

Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Syuhada membenarkan musibah yang terjadi pada 2 desa itu. Hingga saat ini TRC BPBD Kabupaten Balangan masih mengevakuasi kelokasi dan melakukan pendataan korban serta membersihkan puing-puing sisa kejadian tersebut.

Ia menyebutkan informasi sementara jumlah kerusakan sebanyak 4 buah rumah, 1 buah sarang walet serta sebuah mobil di Desa Baruh Penyambaran serta pada desa Binjai Punggal 5 buah rumah turut rusak.

Lanjutnya, kerusakan fisik yang dialami sejumlah rumah penduduk itu mulai dari rusak ringan hingga rusak berat dengan kerusakan yang paling dominan pada bagian atap rusak yang terbang akibat diterjang angin yang terjadi pada sore hari Jumat itu.

“Kejadian ini tidak sampai menelan korban jiwa dan luka, penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri ketempat yang aman,” ucapnya.

Pihaknya mengaku saat ini sedang menyiapkan bantuan logistik untuk disalurkan pada korban terdampak, serta berkoordinasi dengan kecamatan dan aparatur desa agar bisa mendata jumlah pasti kerusakan dan dampak buruk lainnya akibat fenomena alam tersebut .

Menurut informasi yang dihimpun awak media ini, angin puting beliung juga menerjang kabupaten lain. yaitu Desa Mangkusip, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong yang mengakibatkan ambruknya 1 bangunan kubah mesjid yang ada pada desa tersebut.

Nurul Yaqin yang merupakan saksi dilokasi kejadian menceritakan, sekitar pukul 15.30 hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Desa Mangkusip. “Awalnya cuaca mendung lalu disusul dengan hujan lebat disertai angin yang berputar-putar, sehingga merobohkan kubah mesjid dan menerbangkan atap rumah warga,” singkatnya. (Zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...