Telan Biaya Rp6 M, 15 Ribu PJU Solar Diganti Lampu LED

Banjarmasin, KP – Program Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) soal penerangan jalan umum (PJU) mengganti lampu solar menjadi lampu LED ditarget rampung tahun 2020 mendatang.

Kepala Bidang Jalan dan PJU, Dinas PUPR Banjarmasin, Chandra mengungkapkan sedikitnya terdapat 15 ribu titik penerangan di Banjarmasin yang awalnya masih memakai lampu solar dengan cahaya berwarna kuning.

Namun sejak awal tahun 2019 yang lalu, pihaknya berusaha mengganti 15 ribu titik lampu solar itu dengan lampu LED, hasilnya hingga saat ini sudah mencapai 5 ribu titik yang berhasil diganti.

“5 ribu titik sudah berhasil, jadi sisanya sambil jalan saja, insyaAllah tahun 2020 selesai semuanya,” kata Chandra, kemaren.

Adapun soal anggaran secara total keseluruhan mencapai Rp6 miliar untuk penggantian 15 ribu titik lampu solar menjadi lampu LED itu, pengadaan lampu LED hingga saat ini masih berlangsung karena proses pemasangan berjalan marathon.

“Tenaga kita kan sedikit, jadi perlahan dikerjakan dan tahun 2020 akan selesai kita lihat nanti,” bebernya.

Sementara itu, anggaran lain dari bidang PJU adalah pembayaran listrik yang mencapai puluhan miliar pertahunnya, Chandra mengungkapkan butuh Rp21 miliar setahun untuk mencukupi biaya penerangan jalan.

“Jadi kalau dibagi itu perbulannya tagihan listrik ada sekitar Rp1,7 miliar,” tutupnya. (Zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...