Wawali Darmawan Luncurkan Obor Pangan Lestari

Banjarbaru, KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya melaunching Obor Pangan Lestari (OPAL), Teknologi Pertanian Berbasis Masyarakat Perkotaan (GITASIMASTA) dan Pemberian Penghargaan Lomba KRPL Tingkat Kota Banjarbaru 2019, bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Jumat (22/11).

Hadir Ketua TP PKK Ririen Nadjmi Adhani, Kepala DKP3 Siti Hamdah dan para Kepala SKPD lainnya.

Siti Hamdah mengatakan, kegiatan ini memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumberdaya kebutuhan pangan untuk keluarga, dan GITASIMASTA dijadikan contoh untuk SKPD lain dan masyarakat.

Berita Lainnya

Pjs Walikota Laksanakan Koordinasi

1 dari 1.198
Loading...

Wakil Walikota Darmawan Jaya mengatakan, model kawasan rumah pangan lestari merupakan alternatif terobosan pembangunan pertanian guna mewujudkan penganekaragaman, diversifikasi pangan dan untuk dukungan, pemenuhan pangan rumah tangga dalam pola konsumsi yang beragam, bergizi dan aman. “Sehingga model ini bisa memberi kesejahteraan yang layak bagi masyarakat, memainkan peran nyata dalam pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta mendukung pembangunan wilayah melalui pendekatan spesifik lokasi,’’ katanya.

Diresmikannya OPAL merupakan kelanjutan dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dengan mengampanyekan “sumber makanan sehat dari halaman’’.

Program obor pangan lestari bertujuan memberikan percontohan penataan pekarangan dengan budidaya berbagai komoditas tanaman dan hewan guna memenuhi kebutuhan satu keluarga, meliputi kebutuhan protein karbohidrat mineral dan vitamin. 

Program obor pangan lestari sebagai upaya pemerintah, dicanangkan Kementerian Pertanian untuk memanfaatkan lahan pekarangan di rumah dan instansi dalam rangka penyediaan pangan dan juga percontohan bagi masyarakat. (wan/K-7)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya