Dipasang 220 Stand Bollard, Begini Fungsi Trotoar Difabel A Yani

Banjarmasin, KP – Selain dilengkapi dengan ratusan lampu hias, trotoar difabel jalan Ahmad Yani Banjarmasin dilengkapi dengan ratusan stand bollard yang berguna untuk menghalau kendaraan bermotor naik ke fasilitas pejalan kaki tersebut.

Awalnya, Pemko Banjarmasin lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Jalan dan PJU memasang 180 stand bollard pada 45 titik, setiap titik dipasang 4 stand yang terdiri dari 2 stand lurus dan 2 stand berbentuk huruf L.

Kepala Bidang Jalan dan PJU, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra mengatakan saat ini pihaknya memasang 220 stand bollard pada 55 titik guna mengantisipasi penyalahgunaan trotoar sebagai akses pejalan kaki.

“Ini baru saja ditambah, awalnya kemaren cuma 180, terus kami tambah menjadi 220 stand,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 1.440
Loading...

Chandra menjelaskan stand bollard berbentuk huruf L difungsikan untuk pengguna kursi roda, Sedangkan yang bentuk lurus adalah difungsikan untuk jalur pejalan kaki umum.

“Jadi ini dibuat sedemikian rupa sudah, yang L ini untuk kursi roda, yang lurus itu untuk yang jalan kaki,” terangnya.

Adapun pemasangan standbollard ini tidak lain adalah tentu untuk menghindari penyalahgunaan fungsi trotoar, apalagi menurutnya trotar yang menelan duit anggaran senilai belasan milyar itu dilengkapi akses disabilitas.

“Tujuan kita bikin trotoar ini ada 3, yaitu nyaman untuk pejalan kaki, akses untuk difabel, dan nyaman untuk akses keluar masuk bangunan disepanjang trotoar itu,” ucapnya.

Selain itu, Chandra juga menambah jumlah kursi pada trotoar tersebut, “akan kami taruh 150 kursi, ini ditujukan untuk fasilitas bersantai bagi warga atau pejalan kaki yang melintasi trotoar itu,” tutupnya. (zai/KPO-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya