Gubernur Ingatkan PUPR Kalsel, Jangan Sampai Baru Kena Angin Ambruk

Banjarmasin, KP – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor mengingatkan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengutamakan kualitas bangunan dengan selalu memperhatikan ketentuan pembangunan yang telah ditetapkan.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel usai membuka jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Bhakti ke 74 PU yang diikuti oleh ratusan peserta dengan start di siring Nol Kilometer Banjarmasin, Sabtu (30/12) lalu.

“Pada momentum Hari Bhakti PU kali ini, saya kembali mengingatkan, jaga kualitas pembangunan yang telah direncanakan, misalnya pembangunan gedung, pondasinya harus kuat.

Jangan sampai tambah dia, baru kena angin, bangunan langsung ambruk, karena pondasi tidak dibangun sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,” katanya.

Begitu juga pembangunan jalan, kalau ketebalannya ditetapkan harus lima centimeter, juga harus dibangun lima centimeter, jangan hanya empat centimter atau kurang, sehingga manfaat jalan tidak bertahan sesuai yang diharapkan.

Pada kesempatan tersebut, gubernur juga memuji, hingga kini pembangunan di Kalsel berkembang cukup pesat.

Para pekerja melaksanakan tugasnya siang dan malam.

Bahkan, tambah dia, dalam kondisi hujan pun, tidak menyurutkan upaya mereka untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditetapkan.

Seperti pembangunan jalan tembus ke bandara, yang hingga sekarang dikerjakan siang malam, dengan harapan bisa dituntaskan sebelum masa kontrak berakhir.

“Seluruh pihak, hingga kini masih bekerja keras untuk menuntaskan seluruh program sesuai dengan target yang ditetapkan, sebelum masa anggaran berakhir.

Sehingga pada 2020, akan ada pembangunan lainnya,” katanya.

Terkait pembangunan bandara, kata dia, pihaknya juga berharap Presiden Joko Widodo bisa hadir meresmikan.

“Kami telah berupaya untuk menyampaikan permohonan agar Bapak Presiden bisa hadir, semoga beliau berkesempatan untuk meresmikan,” katanya.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Dwi Purwantoro dan Kepala Dinas PUPR Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Roy Rizali Anwar

[]Ditarget

Sementara ditarget selesai 5 Desember,  jalan akses bandara. “Pekerjaan pembangunan Jalan Akses Bandara Syamsudin Noor saat ini bekerja siang dan malam guna mengejar target selesai pada 5 Desember mendatang.

Saya saksikan sendiri kemarin. Meski hujan-hujan, teman-teman dari PUPR  masih mengolah jalan.

Luar biasa, benar-benar semangat Pangeran Antasari, Haram manyarah waja sampai kaputing,” tambah Roy Rizali Anwar

“Fungsional lebar jalan aspal 7 meter. Kami sudah buat akses masuk dan akses keluar terpisah di Jalan Golf, jalan cukup lebar,” ujar Roy.

Untuk masyarakat yang datang dari hulu sungai, Martapura, dan Banjarbaru melewati Jalan Karang Anyar,  karena akses jalan tersebut sudah siap dengan lebar antara 6 dan 7 meter.

“Untuk masyarakat yang berasal dari Banjarmasin dan Barito Kuala bisa melalui Jalan Lingkar Utara atau Km 17, bisa juga lewat Jalan Golf,” tutup Roy. (mns/ant/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...