HSU Targetkan Penen Padi 2 Kali dalam Setahun

Amuntai, KP – Dinas Pertanian dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar Hari Lapang Tani dan Tanam Perdana.

Kegiatan yang diselenggaran di Kecamatan Amuntai Selatan, Desa Panyiuran mengambil tema “ Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani”, Rabu (24/12).

Dengan tema tersebut Pemkab HSU melalui Disnakan setempat menargetkan hasil panen padi tercapai dan tidak hanya 1 tahun panen akan tetapi bisa 2 kali panen dalam setahun.

Plt. Kepala Dispertnan HSU Ir. H. Yuli Hertawan mengatakan, program SERASI yaitu Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani dalam upaya meningkatkan pemanfaatan lahan rawa se-Indonesia termasuk di HSU.

Yuli menjelaskan pada tahun 2019 target 594 Hektar lahan pertanian. “Kita mendapat target untuk tahun 2019 sebanyak 594 Hektar lahan ini diharapkan panen padi tidak 1 kali dalam setahun lagi tapi 2 kali”, ungkapnya dalam kegiatan Hari Lapang Tani.

Berita Lainnya

DPPKB HSU Terima Penghargaan

1 dari 1.296

Guna mencapai target tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan infrastruktur lahan agar pada saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan dan pada saat musim hujan air berlimpah bisa kurangi.

“Melalui program Serasi ini kita harapkan memotivasi petani untuk tanam 2 kali dalam setahun” ungkapnya.

Ditambahkannya dalam upaya memotivasi petani melalui program Serasi ini semua akan dibantu mulai dari infrastruktur hingga bibit.

“Kita berharap dengan pengaturan melalui pompa infrastruktur ini dan pedampingan penyuluh kepada para kelompok tani agar tetap konsisten melakukan meyakinkan dalam 1 tahun itu 2 kali.”harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (wabup) H Husairi Abdi Lc yang hadir dalam kesempatan itu, pada sambutannya menyampaikan kegiatan Bahwa hasil petani di HSU selama ini cukup menggembirakan karena surplus.

“Selama ini hasil petani kita mengalami surplus(kenaikan) yang di hasilkan oleh petani Amuntai kita. Bahkan mungkin seandainya tidak mendatangkan beras dari luar Amuntai saya yakin kita itu bisa mencukupi kebutuhan HSU” ungkap Husairi. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya