Jelang Tutup Tahun Stok Ikan Laut Berlimpah

PANTAU KEDATANGAN KAPAL - Jelang malam pergantian tahun baru permintaan ikan laut meningkat dari biasanya, H Rusdi bersama anak buahnya melakukan pemantaauan teradap unit kapal yang melakukan bongkar. (KP/hifni)
263

Banjarmasin, KP – Kepala UPT Pelabuhan dan Perikanan Dinas Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan, Rusdi Hartono, menjamin stok ikan laut jelang tutup tahun berlimpah.

“ Saat ini stok ikan laut sangat berlimpah baik menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang,” ujar Rusdi, kepada wartawan di sela melihat kapal-kapal nelayan yang sandar di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin di Jalan Barito Hulu Banjar Raya.

Hingga hari ini produksi atau stok ikan laut masih banyak dengan rata-rata kapal nelayan yang datang mencapai 10 kapal perharinya. Harga ikan laut seperti peda atau kembung Rp 22 ribu perkg, tongkol Rp 24 ribu perkg dan lajang Rp 18 ribu perkg, tonggol sempat turun harga Rp 9 ribu perkg.

“ Alhamdulillah Stok ikan laut kita berlimpah, sesuai arahan Gubernur Kalsel, Paman Birin gerakan makan ikan dimana Gerakan makan ikan tersebUt sangat baik sekali, apalagi ini sedang musim ikan laut para nelayan memiliki stok ikan laut yang berlimpah,” sebutnya.

Kita minta masyarakat banua dihimbau untuk makan ikan karena sehat itu sangat dianjurkan sekali, tambah Rusdi.

Untuk di Kalsel sendiri ada sekitar 20 ton lebih perhari, ditambah dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur bisa mencapai 100 ton lebih seharinya.

Saat ini cuaca cukup baik, walaupun ada gelombang namun nelayan cukup handal dalam menangkap ikan.

“Saat ini saja ada 7 kapal masuk dengan rata-rata 10 sampai 30 GT perkapal, artinya harga ikan laut stabil dan stok sangat berlimpah jelang tahun baru,” ujarnya.

Pengiriman ikan laut baik di Kalsel maupun Kalteng dan Kaltim lancar saja.

“Masyarakat dipersilahkan datang langsung ke Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, tapi bisa juga mendapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat tempat tinggal masing-masing, yang jelas hingga akhir tahun 2019 stok ikan masih berlimpah dan mencukupi,, katanya. (hif/K-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...