Persemaian KPH Tabalong Siapkan Bibit

Tanjung, KP – Persemaian yang dikelola Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabaong menyiapkan bibit gratis bagi masyarakat guna mendukung program revolusi hijau.

Mulai dari bibit sengon, petai, jengkol hingga kemiri tersedia di persemaian seluas 1 hektare di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

“Masyarakat bisa mengajukan permohonan bibit gratis untuk kegiatan agroforestry maupun rehabilitasi lahan,” jelas satu tenaga penyuluh kehutanan di KPH Kabupaten Tabalong Sunari.

Berita Lainnya
1 dari 1.123
Loading...

Sejak Nopember 2019 persemaian ini telah memproduksi sekitar 35 ribu bibit untuk keperluan penanaman lahan kritis atau kegiatan penghijauan.

Sunari menyampaikan bibit tanaman sengon, jengkol dan petai paling diminati masyarakat karena selain bermanfaat sebagai tanaman penghijauan juga memiliki nilai ekonomis.

Rencananya bulan ini persemaian bisa memprodukai sekitar 25 ribu bibit tanaman. Kepala KPH Kabupaten Tabalong Heryadi mengatakan persemaian ini dibangun dari dana APBD Provinsi Kalsel sebesar Rp102 juta.

Hal ini sesuai instruksi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Hanif Faisol Nurofiq agar tiap KPH bisa memiliki persemaian permanen untuk memenuhi kebutuhan bibit. (ant/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya