Simulasi Gempa di Duta Mall Panikan Karyawan dan Pengunjung

anjarmasin, KP – Bunyi alarm tak biasanya terdengar nyaring di sebuah ruangan mall Kota Banjarmasin Kalsel, Rabu (4/12) pagi, diikuti petugas yang mendadak sibuk memberikan arah jalan keluar, hal itu ternyata menyusul adanya peringatan bencana gempa bumi.

Suasana pun seketika panik. Pengunjung, pemilik tenan, hingga karyawan Duta Mall yang semula tenang, pagi itu juga terlihat berlarian meluruk ke luar gedung.

Mereka yang berhasil keluar kemudian nampak berkumpul di beberapa assembly point yang berada di halaman mall Jalan A Yani Kilometer 2,5 itu.

Kepanikan tersebut rupanya hanya rekayasa pihak manajemen mall seiring digelar simulasi penanganan bencana alam.

Yenny selaku Manajer Operasional Duta Mall Banjarmasin, saat dikonfirmasi tidak menampikan hal itu. Bahkan demi mendapatkan suasana seolah kejadian sesungguhnya, skenario pun dibuat sedemikian rupa.

Berita Lainnya

Restauran Terapung Resmi Operasional

1 dari 1.758
Loading...

“ Iya, jadi hari ini skenario kami berkaitan tentang bagaimana menghadapi bencana alam berupa gempa. Ada tiga alarm tadi sempat dibunyikan. Pertama, alarm peringatan dini, gempa susulan dan bahaya tinggi. Sehingga dengan tiga kondisi itu, mengajarkan bagaimana cara-cara yang benar menghadapinya,’’ ceritanya.

Tidak hanya itu, Yenny juga mengatakan, pada simulasi kali ini pihaknya melibatkan sekitar 300 orang yang terdiri dari karyawan hotel, tenan, hingga mall sekalipun.

Ia juga berharap dengan menggelar simulasi tadi setidaknya bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap para karyawan dalam melakukan evaluasi baik diri sendiri maupun orang lain.

“ Dan perlu diketahui, latihan evakuasi simulasi penanganan bencana ini juga rutin kami lakukan setiap enam bulan sekali. Kalau sekarang berkaitan dengan gempa, beberapa waktu lalu tentang penanganan kebakaran,’’ jelasnya.

Yenny juga mengatakan, selain memberikan pelatihan terkait penanganan gempa, Rabu tadi, pihaknya juga memberikan pengenalan dan tata cara pemanfaatan alat pemadam kebakaran ringan kepada sejumlah karyawannya. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya