Simulasi Penyelamatan Korban Banjir Digelar

Kotabaru, KP – Akibat turunnya hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi cukup panjang, sekitar tiga jam di kabupaten Kotabaru 11/12, mengakibatkan tanah longsor dan banjir bandang di desa stagen kecamatan Pulaulaut Utara, yang menyebabkan sejumlah rumah warga terseret arus, bahkan 5 warga dinyatakan ikut hanyut terbawa arus hingga kelaut.

Pada awalnya, seorang korban secara cepat dapat diselamatkan hingga hanya mengalami luka kecil dan goresan di bagian kakinya. Namun empat orang lainnya di kabarkan terseret arus hingga memasuki laut. Sejumlah kapal sekoci dan speed boat dikerahkan bersama puluhan tim satuan melakukan penyisiran di sepanjang garis pantai areal desa stagen. Dan akhirnya satu demi satu korban dapat ditemukan dengan selamat, kendati diantaranya ada yang mengalami depresi berat, juga yang tak sadarkan diri, akibat meneguk terlalu banyak air laut. Sehingga tim medis melakukan pertolongan pertama dengan melakukan tekanan berulang ulang pada dada korban sebelah kiri. Dan akhirnya sikorban terbatuk batuk memuntahkan air dari mulutnya, dan kembali tersadar dari pingsan.

Berita Lainnya
1 dari 1.108
Loading...

Demikian skenario simulasi penanganan korban banjir di gelar oleh TNI Angkatan Laut Kotabaru, bergabung dengan balaskar, BPBD Kotabaru, di Mako lanal Kotabaru, 11/12.

Kapten laut (P), Adrian Iwasaki selaku komandan satgas, menyatakan “simulasi penanganan korban banjir yang dilaksanakan hari ini adalah mensinergikan kerjasama interoperability, antara Basarnas BPBD dan TNI AL, Lanal Kotabaru, dalam penanggulangan bencana banjir, serta upaya meningkatkan keterampilan dan kecakapan Basarnas beserta seluruh tim yang tergabung sesuai tugas dan fungsinya. Sehingga saat kejadian yang sesungguhnya, mereka dapat bertindak cepat dan sigap sesuai fungsi mereka.

Diharapkan dapat melakukan tindakan pertolongan yang maksimal terhadap korban,” beber Kapten Adrian. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya