Telawang Pindah Kantor di Jalan Dahlia Gang Budaya

Banjarmasin, KP – Mulai hari Kamis (26/12) operasional Kantor Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat, resmi dipindahkan ke lokasi baru.

Bagi masyarakat Kelurahan Telawang yang memerlukan pelayanan, bisa segera datang ke alamat kantor baru tersebut di Jalan Dahlia, Gang Budaya ujung, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Bangunan berlantai dua dengan pondasi panggung yang berdiri di atas lahan milik Pemko Banjarmasin itu, dinilai sangat refresentatif.

Betapa tidak, selain cukup dekat dengan pemukiman penduduk, kantor yang dibangun oleh kontrakan pelaksana CV Subur Makmur Karya Bersama dan Konsultan Pengawas CV Ghani Teknik Konsultan, dengan anggaran 2.450.916.000, juga diklaim sebagai satu-satunya kantor pemerintahan di Kota Banjarmasin yang ramah lingkungan dan ramah difabel.

Penyempurnaan fasilitas public di kantor itu akan terus dilakukan Pemko Banjarmasin. Tahun 2020 nanti, rencanannya di halaman depannya akan dibangun Taman Bermain Ramah Anak. “Rasanya tidak salah kalau ini adalah Kantor Kelurahan paling megah di Banjarmasin. Mudah-mudahan kehadiran kantor baru ini memberikan semangat baru dan juga pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat kita, sehingga keberadaan kantor ini bukan secara fisik saja megah, tetapi juga secara pelayanan semakin maju, semakin mudah dan semakin cepat,” ujar H Ibnu Sina.

Berita Lainnya
1 dari 1.781
Loading...

Dijelaskannya, Kantor Kelurahan Telawang saat ini merupakan contoh bangunan yang benar di Banjarmasin. Mengapa demikian, sebab, jelas H Ibnu Sina, di bawah bangunan tersebut tetap dibiarkan aliran air mengalir, sehingga jaringan air tetap berfungsi dengan baik.

Memang, dalam Perda Kota Banjarmasin boleh melakukan penimbunan tanah di halaman rumah, tetapi kisarannya hanya 30 persen dari luas keseluruhan tanah.

Tujuan dari dikeluarkannya Perda tersebut, agar ekosistem bawah air dan lingkungan terutama sistem jaringan air sungai dan drainase tetap berfungsi baik. “Kalau alam dilawan pasti dia akan melawan. Kalau sungai itu diuruk, maka nanti akan melawan pada saatnya mungkin akan banjir, akan tergenang, sehingga kemudian ini menjadi perhatian kita, saya berharap jaringan aliran sungai di sini dan aliran airnya tetap dipelihara dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Assisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Bnajarmasin, Kabag Pemerintahan Dolly Sahbana, Kabag Pembangunan dan para Lura se Kecamatan Banjarmasin Barat itu, pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini juga menyinggung tentang beberapa fasilitas untuk penyadang difabel yang telah disediakan di kantor tersebut.

Katanya, bangunan yang dikhusukan untuk para penyandang disabilitas itu sengaja dibangun dengan tujuan untuk mempermudah mobilitas para penyandang difabel yang ingin mendapatkan pelayanan di kantor kelurahan tersebut. “Ini adalah bagian dari komitmen pemerintah kota untuk membangun sarana publik yang ramah disabilitas, dan mereka adalah warga kota juga yang punya hak sama untuk mendapatkan pelayanan,” tungkasnya.

Camat Banjarmasin Barat Hj Karlina menjelaskan, pembangunan Kantor Kelurahan Telawang dilaksanakan sejak 22 Juli 2019 tepatnya setelah proses pemenang lelang di tetapkan. Waktu pelaksanaannya, ucapnya, dilaksanakan selama 150 hari kaleder dan dalam pembangunannya didampingi oleh TP4D dari Kejaksaan. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya