Ansharuddin Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Paringin, KP – Bupati Balangan H Ansharuddin buka Pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Balangan, di Balai Latihan Kerja (BLK) kabupaten Balangan, Rabu (08/01) di Desa Mampari kecamatan Batumandi.

Kegiatan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi dirangkai dengan perayaan HUT ke-3 Disnakertran Balangan dan penutupan (pelepasan, red) perserta pelatihan berbasis kompetensi dari program CSR PT BUMA dan PT PAMA, dihadiri juga Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trangsmigrasi (Disnakertrans) Balangan, Ahmad Syarwani melaporkan bahwa, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan pengangguran dan setengah pengangguran di Kabupaten Balangan, Mengajarkan kemampuan berkompetensi pada pencari kerja untuk bersaing di dunia kerja.

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin lepaskan tanda peserta pelatihan kepada perwakilan peserta yang sudah mengikuti pelatihan. (KP/Ist)

“Diharapkan nantinya para peserta  mempunyai keahlian sehingga mampu membuka peluang usaha kerja di tengah tengah masyarakat.”jelasnya.

Disampaikan Syarwani, pelatihan berbasis kompetensi yang dibuka hari ini pesertanya sebanyak 96 orang yang terbagi dalam 6 kejuruan, yakni komputer, desain grafis, las listrik, menjahit, instalasi listrik dan otomotif.

Sedangkan yang dilepas (ditutup, red) yakni pelatihan dari program CSR sebanyak 32 orang dari 2 Kejuruan, operator basis office dan las listrik.

Berita Lainnya

Pemkab Balangan Berikan Bantuan Petani

1 dari 1.225
Loading...

Selanjutnya Bupati H Ansharuddin pada sambutannya, mengapresiasi kegiatan ini, dan menyampaikan terima kasih kepada Disnakertrans dalam hal ini balai latihan Kerja (BLK) Balangan yang melaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan  pemerintah Kabupaten

Bupati juga berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama, karena ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk terampil.” ujar Ansharuddin.

Menurut Bupati dijaman modern seperti sekarang ini yang penuh kompetisi, masyarakat diharuskan mampu menguasai berbagai keahlian dengan baik.

Disampaikannya, menurut ahli pendidikan dari Jerman yang mengatakan bahwa satu satunya pendidikan yang bisa dikembangkan ialah pendidikan non formal seperti pelatihan.

“Misalnya, beberarapa orang kita latih menjahit, setelah selesai dia sudah bisa bekerja, paling tidak jadi tukang jahit. Setiap pendidikan tujuan akhir pasti pekerjaan,” ujarnya.

Oleh karenanya orang nomor satu di Balangan juga berharap, kepada para peserta pelatihan agar memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini agar kedepan dapat bersaing dengan tenaga kerja yang lain.

“Kita beharap para peserta pelatihan kedepan dapat menjadi tenaga terampil yang mampu mandiri,” katanya.

“Jika ini terwujud maka dapat menjadi pengusaha yang sukses serta dapat menciptakan lapangan kerja buat masyarakat Balangan,” tandasnya.

Kepada Disnakertrans atau BLK,  Bupati menyampaikan terima kasih, dan berharap bisa melatih dengan baik para peserta sehingga bisa betul betul mahir, demikian disampaikan Bupati H Ansharuddin. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya