Ansharuddin Pimpin Upacara Peringati HAB Ke-74 Kemenag

Paringin, KP – Dalam Rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kemenag Kabupaten Balangan menggelar Upacara Peringatan HAB dengan tema “Umat Rukun Indonesia Maju” bertempat di Halaman Kator Kemenag setempat, Jumat (03/01).

Upacara Peringatan HAB ke -74 tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin sebagai Inspektur Upacara.

Hadir dalam upacara tersebut, Kepala Kemenag Balangan HM Yamani beserta jajaran di lingkup kemenag setempat, beberapa pimpinan OPD dan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin serta para Tokoh Agama, Guru SD, SMP serta SMA/SMK di lingkup Kemenag.

Usai Pembacaan Teks Pancasila, UUD 1945 dan Kode Etik Kemenag, Bupati H Ansharuddin membacakan Amanat Menteri Agama RI, dalam amanatnya mengatakan, Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama adalah merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin serahkan 1 unit mobil operasional yang diterima Kepala Kemenag Balangan HM Yamani. (KP/Ist)

“Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu,” katanya

Berita Lainnya

Ansharuddin Serahkan 100 Rumah Hasil Bedah Rumah

1 dari 1.227
Loading...

Lanjutnya, Undang-Undang Dasar negara kita, pasal 29, menegaskan Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

“Dengan demikian makna dari UU tersebut yakni, Pertama, dasar Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan fundamen moral yang harus melandasi penyelenggaraan negara, pemerintahan dan pembangunan serta menyinari seluruh ruang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan Kedua, negara secara aktif melindungi hak dan kewajiban beragama dalam masyarakat serta kemerdekaan beribadat bagi setiap pemeluk agama,” katanya lagi.

Perlu juga diketahui bahwa Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan agama dan negara, yaitu “teori integrasi” penyatuan agama dengan negara, dan teori sekularisasi, pemisahan agama dengan negara.

“Saya ingin mengutip pesan Pahlawan Nasional almarhum Jenderal Besar TNI Dr. Abdul Haris Nasution yang sangat relevan dengan misi yang dijalankan oleh Kementeian Agama, yakni “Sebagai negara baru kita tidaklah sekadar ingin mengejar ketertinggalan terhadap negara-negara maju, melainkan sebagai orang beriman kita ingin membangun kehidupan bermartabat spiritual dan material dengan ridla Allah,” imbuhnya

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Selanjutnya Bupati H Ansharuddin berkesempatan menyerahkan 1 unit mobil operasional kijang Innova kepada Kepala Kementerian Agama Balangan, “Semoga bantuan yang telah diberikan, bisa menjadi semangat dan dorongan kepada ASN Kementerian Agama, agar bisa melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya,” pungkasnya

Sementara, Kepala Kementerian Agama Balangan, Muhammad Yamani mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Balangan yang telah memberikan motivasi dan apresiasi kepada pegawai ASN.

“Terbukti selama ini telah diberikan tunjangan insentif dari daerah yang tadinya Rp 300.000 dan Insya Allah tahun depan akan menjadi Rp. 500.000,” jelasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya