APJI Kalsel Harus Dorong Kuliner Banjar Naik Kelas

Anggota APJI harus dapat mendorong sektor pariwisata lebih bergeliat khususnya membuat aneka kuliner lokal naik kelas

BANJARMASIN, KP – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosisasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (DPP APJI) Rahayu Setiawati mengingatkan, pebisnis catering dan restoran untuk dapat kreatif dalam mengolah aneka kuliner lokal agar naik kelas.

Hal ini menurutnya penting, mengingat kuliner saat ini sudah menjadi salah satu jualan yang dipandang strategis dalam menggeliatkan sektor pariwisata yang ada di Indonesia.

“Sesuai arahan Pemerintah, anggota APJI harus dapat ikut mendorong sektor pariwisata lebih bergeliat. Salah satu caranya adalah anggota APJI di daerah harus bisa membuat aneka kuliner lokal naik kelas dengan menyajikannya secara unik dan menarik agar wisatawan tertarik untuk datang berkunjung,” ungkapnya, disela kegiatan Pelantikan Pengurus DPD APJI Periode 2019-2024 se-Kalsel, Kamis (30/01/2020) di Ballroom Cafe Nostalgia Banjarmasin.

Selain mampu menciptakan aneka kuline lokal yang kreatif dan unik, dirinya juga berharap anggota APJI di daerah terus meningkatkan kompetensi usahanya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan layanan secara konsisten, melengkapi perizinan usaha hingga mengikuti berbagai seritifikasi.

“Itu supaya usaha anggota bisa masuk ke pasar yang lebih luas. Jangan hanya terbatas pada pasar lokal saja, tapi harus mampu menembus pasar nasional hingga internasional,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Sementara itu, Ketua DPD APJI Kalsel H Aftahuddin berjanji, di 100 hari kerja organisasinya, dirinya akan berusaha melengkapi kepengurusan hingga 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalsel.

Ada pun program utama organisasinya adalah sertifikasi hingga penyediaan bahan baku murah kepada anggota. Dua program ini menurutnya sangat penting agar anggota APJI di Kalsel tidak kalah bersaing dengan para pengusaha catering dan restoran luar yang sudah banyak masuk di Kalsel.

“Kami ingin kehadiran APJI di Kalsel tidak hanya menjadi organisasi seremonial semata, tapi memang betul-betul memberikan manfaat bagi anggota. Karena itulah dua program tadi akan coba dimaksimalkan betul selama kepemimpinan saya,” tambahnya.

Sedangkan Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Pemprov Kalsel H Syaiful Azhari berharap, organisasi APJI di Kalsel tidak hanya mendorong para pebisnis catering dan restoran di Banua berkembang usahanya, tapi juga harus mampu mengangkat kuliner lokal di Banua menasional hingga mendunia.

Dengan upaya pemprov Kalsel dalam mendorong geliat sektor pariwisata lebih berkembang di Banua. Hendaknya juga ikut didukung oleh Anggota APJI Kalsel dalam hal menciptakan banyak kuliner lokal yang unik dan menarik.

“Kuliner sangat erat kaitannya dengan pariwisata. Karena itulah kami berharap Pemprov Kalsel dan APJI Kalsel bisa sama-sama berjalan beriringan untuk dapat mendorong agar sektor pariwisata di Banua lebih maju lagi,” katanya. (vin/K-11)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya