Dispersip Kalsel Tingkatkan Perpus Sekolah

Banjarmasin, KP – Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, SD, SMP, SMA/Sederajat sekalimantan Selatan diberikan bimbingan teknis tentang pengelolalan perpustakaan untuk di sekolahnnya yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provisi Kalsel di Hotel Jelita, Minggu( 5/1/).

Sekretaris Dispersip Prov Kalsel M Ramadhan mengatakan kegiatan tersebut sebagai pengetahuan untuk para peserta dimana untuk membantu pengembangan perpustakaan sekolah. Diisamping itu pula agar meningkatkan minat baca disekolahnnya masing-masing.

“Selama ini banyak petugas perpustakaan yang belum mengoptimalkan perpustakaan sekolah,” katannya.

Ditambahkannya pula rata rata pengelola perpustakaan adalah guru yang diperbantukan untuk mengelola perpustakaan bukan pustakan murni.

Berita Lainnya
1 dari 1.385
Loading...

“Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan mereka bisa beralih status menjadi pustakan murni disekolahnya masing-masing,” tambahnya.

Sementara Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Kalsel, Dr Ahmad Syawqi usai membagikan ilmunnya mengatakan akan membagikan ilmu tentang pustakawan kepada seluruh peserta.

“Agar mereka bisa mendapatkan ilmu bagaimana pengelolaan perpustakaan sesuai standar perpustakaan nasional,” pungkasnya.

Materinya tentang klasifikasi sampai administrasi. Misalnya bagaimana mengelompokan bidang ilmu buku-buku yang ada di perpustakaan. “Sehingga kalau pengunjung datang akan mudah menemukan buku yang mereka cari,” pungkasnya. (fin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya