Gubernur Berhasil Naikkan Royalti Tambang

Palangka Raya,KP – Hasil pengawasan dan pemantauan sektor pertambangan melalui Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Prov Kalteng membuahkan hasil yang signifikan, sehingga mampu negara melalui royalti mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir.

tahun 2015 Royalti sebesar Rp. 531 Miliar, selanjutnya melesat sejak tahun 2016-2019 royalty atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke negara khususnya ke Kalteng terus mengalami peningkatan.

Kepada awak media, Jum’at (3/1) akhir pekan tadi, Gubernur melalui Kepala Dinas ESDM Kalreng Ermal Subhan menjelaakan, semula pada tahun 2016 royalty dihasilkan Kalteng Rp. 951 Miliar.

Kemuduan meningkat di tahun 2017 sebesar Rp. 1,7 Triliun, tahun 2018 naik menjadi Rp. 2,077 Triliun dan di tahun 2019 sebesar Rp. 2,2 Triliun atau naik 108 persen.

Berita Lainnya
1 dari 593
Loading...

Ini adalah wujud nyata dari tekad Pemprov Kalteng dalam penyelamatan SDA Kalteng untuk peningkatan PAD Kalteng dari sektor pertambangan, ungkapnya. Apa yg kita lakukan ini tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

Sementara itu secara terpisah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sebelumnya menyebutkan meningkatnya PAD Kalteng tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kalteng dan seluruh element masyarakat sehingga Pemprov berupaya terus dalam meningkatkan PAD melalui sektor pertambangan, dan sektor lainnya tambahnya.

Atas capaian itu, orang nomor satu di Bumi Isen Mulang itu menyatakan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang mendukung dalam upaya peningkatan PAD, dan apresiasi kepada pihak perusahaan yang aktif dan patuh dalam pembayaran royalty.

Meski demikian ke depannya Pemprov, melalui Dinas ESDM akan terus melaksanakan pengawasan di lapangan agar tidak ada lagi potensi perusahaan yang nakal tidak membayar royalty.

Untuk itu pigaknya akan terus memantau, dan mengupayakan di lapangan bersama tim ESDM dan Dinas terkait lainya. Ini tidak lepas dari keinginan Pemerintah Provinsu dalam meningkatkan PAD Kalteng, guna dapat membantu program-program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kedepanya.(drt)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya