Gubernur Ingatkan ASN Netral

Palangka Raya, KP Gubernur Kalteng melalui Wakil Gubernur Habib Said Ismael bin Yahya mengingatkan saat Pilkada serentak tahun 2020, Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peringatan itu ia sampaikan saat apel bersama jajaran Pemprov Kalteng di halaman Kantor Gubernur untuk mengawali tahun 2020, Kamis (2/1) di Palangka Raya. Menurut Gubernur Pilkada dilaksanakan tepatnya 23 September mendatang.

Saat itu akan dilaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur (pilgub) dan wakil Gubernur (pilwagub) Kalteng serta pemilihan Bupati (pilbub) dan wakil Bupati (pilwabub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Wagub Habib menegaskan, agar para ASN di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng maupun Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/kota se-Kalteng tetap fokus pada tugas utamanya sebagai abdi negara.

Pihaknya menuntut para ASN melaksankaan tugas sesuai tugas dan fungsi secara professional. Dengan demikian, ASN agar tidak terlibat dan betul-betul menjaga netralitasnya sebagai abdi negara yang memang dilarang terlibat dalam politik, ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 593
Loading...

Selain menjaga netralitas, ASN juga menghindari tindakan-tindakan atau isu-isu yang tidak bertanggungjawab menjelang Pilkada 2020 ini. Misal saja, tindakan seperti fitnah, gesekan antar kelompok masyarakat atau adu domba yang bernunansa politik.

Apalagi hal-hal yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), harapnya. Namun disisi laib lanjut Habib, ASN juga memiliki tanggungjawab dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Pasalnya dalam meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat, tidak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggaran Pikada saja tetapi menjadi tangugngjawab semua pihak termasuk ASN.

Untuk itu diharapkan seluruh ASN terus aktif melakukan pendekatan dan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya Pilkada.

Tetapi bukan dalam artian terlibat dalam politiknya melainkan dalam rangka meningkatkan partisipasi memilih masyarakat, papar Gubernur. (drt)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya