Kemenag  Diminta Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat Bartim

Tamiang Layang ,KP – Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta jajaran aparatur Kementerian Agama ( Kemenag ) setempat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Perlu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Bartim, terlebih lagi kepada warga yang tidak mampu,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Sabtu (  4/1 ).

Menurutnya Wabup Bartim itu saat ini telah 74 tahun Hari Amal Bakhti Kementerian Agama. Pada usia 74 tahun tersebut, perlu ada transformasi pelayanan ke arah yang lebih baik lagike depannya. 

Habib Saleh juga mengharapkan tema Umat Rukun Indonesia Maju bisa diterapkan jajaran Kemenag Barito Timur untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 29, Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaanya itu.

Di Barito Timur, kehidupan masyarakat yang majemuk telah menciptakan toleransi yang tinggi dalam kehidupan sosial masyarakat. Kondisi seperti ini perlu dipupuk dan terus dijaga.

Berita Lainnya
1 dari 484
Loading...

Dia juga meminta untuk pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara untuk menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan dengan sumpah jabatan

Dia juga meminta agar memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan baik sesama institusi pemerintah tokoh agama organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

“Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan kerukunan persatuan dan modernisasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walaupun berbeda ras etnik dan agama dan golongan,” katanya.

Ketua DPRD Barito Timur Nursulistio mengharapkan Kementerian Agama Barito Timur bisa memperkuat ukhuwah atau persaudaraan umat beragama dan antar umat beragama.

“Kita harapkan bisa dan mampu memperkuat ukhuwah umat. Untuk itu, perlu dilaksanakan dengan maksimal program-program yang berkaitan dengan oembinaan umat beragama di Barito Timur,” kata politisi Partai Golkar itu.

Dalam peringatan Hari Amal Bakti ke-74 yang dilaksanakan di depan Kantor Kementerian Agama Barito Timur, ditandai dengan pembagian 40 paket sembako untuk kaum dhuafa dan anak yatim piatu, serta ditambah paket bantuan untuk mushola, TK dan TPA. (Vna/k-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya